Jumat, 24 Oktober 2014 | 17:17 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Wow! Tinggi Gelombang Laut Timor Capai 4 Meter
Headline
Oleh:
metropolitan - Selasa, 5 Januari 2010 | 15:31 WIB
INILAH.COM, Kupang - Stasiun Metereologi El Tari Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memprediksi tinggi gelombang di perairan Laut Timor mencapai empat meter.

"Hasil foto satelit udara menunjukkan tinggi gelombang laut di sekitar Laut Sawu pada kisaran 2 hingga 3 meter," kata Prakiraan Stasiun Metereologi El Tari Kupang, Sti Nenotek, di Kupang, Selasa (5/1).

Khusus untuk Laut Flores, Pantai Selatan Sumbawa tinggi gelombang berkisar antara 1,5 hingga 2,5 meter dan selat Ombai tinggi gelombang laut antara 1,5 sampai 2,0 meter.

Sementara di sekitar perairan Selat Rote, Selat Sumba dan Selat Sape ujung Barat Pulau Flores, pergerakan gelombang laut pada kisaran 2,0 hingga 3,0 meter.

Dengan kondisi gelombang saat ini, kata dia, aktivitas di laut baik oleh nelayan atau pelaut yang sedang melakukan perjalanan menggunakan kapal laut sebaiknya mewaspadai pergerakan gelombang, karena berbahaya yang mengancam keselamatan jiwa.

"Sikap waspada dari nelayan, nahkoda atau para warga yang melakukan aktivitas perjalanan menggunakan kapal laut sangat diperlukan karena sewaktu-waktu dapat berubah dan mengancam keselamatan," katanya.

Menurut dia, saat ini sedang terjadi penumpukan awan-awan konvektif yang menghambat pemandangan saat berlayar di luat dan dapat terjadi hujan disertai angin kencang dan menambah tinggi gelombang.

Prediksi Stasiun Metereologi El Tari Kupang ini, katanya, hanya berlaku mulai Selasa (5/1) pukul 07:00 hingga Rabu (6/1) pukul 07:00 Wita.

Dia menambahkan, tinggi gelombang hingga empat meter di wilayah perairan Laut Timor dipicu kecepatan angin yang terjadi di hampir seluruh wilayah perairan Tenggara NTT yang berkisar antara 10 hingga 30 Km per jam dari Barat Daya Rote menuju Barat Laut Labuhan Baju.

Temperatur udara minimal 20 derajad celcius dan maximal 33 derajat celcius dengan kelembaban udara antara 62 hingga 97 persen.

Kelembaban udara ini mengakibatkan terjadi hujan disertai guntur dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi di Kupang, Rote, Kalabahi dan Sabu dan Ruteng ibu kota Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sedangkan untuk Kota Maumere, Waingapu, Labuhan Bajo dan Larantuka ibu Kota Kabupaten Flores Timur diprediksi berawan dan berpeluang besar terjadi hujan. [*/cms]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER