Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 20:19 WIB

Anies-Susi Diharap Sinergi Atasi Pencemaran Sungai

Oleh : - | Rabu, 3 Januari 2018 | 21:38 WIB
Anies-Susi Diharap Sinergi Atasi Pencemaran Sungai
Gubernur DKI Anies Baswedan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti‎ - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Aktivis pemerhati lingkungan, Husna Anwari menyarankan Gubernur DKI Anies Baswedan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bersinergi mengatasi soal pencemaran air sungai, danau dan waduk di Indonesia khususnya Ibu Kota Jakarta.

"Jadi, Bu Susi dan Pak Anies harus sama-sama bersinergi mempunyai program terpadu agar pencemaran air di danau, sungai dan laut Jakarta bisa diatasi dan air yang tercemar bisa menjadi air kehidupan kembali," kata Husna, Rabu (3/1/2018).

Ia menjelaskan masalah pencemaran air sungai, danau, waduk di Indonesia khususnya Jakarta memang belum tuntas. Menurut dia, Jakarta penduduknya paling padat tapi sulit untuk mencari air bersih. Sebab, kondisi di Jakarta itu air bawah tanahnya sudah banyak yang tercemar.

"Dan banyak air danau atau situ dan sungai sudah berwarna hitam, berbau dan banyak mengandung pollutant serta bakteri," ujarnya.

Ia mengatakan pencemaran yang terjadi di sungai dan reservoir akan bermuara serta menyebabkan pencemaran perairan pesisir dan laut, makanya hal ini harus bisa segera dikendalikan agar masyarakat tidak kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

"Jadi, Bu Susi dan Pak Anies harus sama-sama berpikir positif supaya dapat memfasilitasi rakyat Indonesia mendapatkan air bersih," jelas dia.

Untuk diketahui, Menteri Susi memberikan tantangan kepada Gubernur Anies untuk membersihkan danau yang tercemar di Jakarta supaya bisa seperti di Geneve, Zurich. Namun, Anies menantang balik Susi untuk membersihkan air laut yang tercemar. [ton]

Komentar

Embed Widget

x