Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 21 Juli 2018 | 15:04 WIB
 

Hadapi Asian Games

Wagub Siapkan Manajemen Tata Kelola Sampah

Oleh : - | Kamis, 21 Desember 2017 | 19:14 WIB
Wagub Siapkan Manajemen Tata Kelola Sampah
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta menuturkan penerapan zero waste management (manajemen agar tidak ada sisa pembuangan sampah) akan dilakukan seiring dengan persiapan Asian Games 2018.

Pernyataan ini disampaikannya dalam kegiatan penyerahan secara simbolis berbagai sarana kebersihan modern yang didesain dengan tema Asian Games di kantor Dinas Lingkungan Hidup, Cililitan, Jakarta Timur, Kamis (21/12/2017). Sarana tersebut langsung diserahterimakan kepada Dinas Lingkungan Hidup lima kota administrasi di Provinsi DKI Jakarta.

"Hari ini kita menyaksikan penyerahan secara resmi beberapa aset (pembersih dan pengelola sampah). Jadi ini yang kita harapkan seiring dengan persiapan kita menuju Asian Games, persiapan kita untuk zero waste management. Aset-aset ini kan kita serahkan di lima wilayah dan Kepulauan Seribu," terang Wagub.

Dalam sambutannya, Wagub menilai pengelolaan sampah merupakan pekerjaan besar yang dikerjakan oleh orang-orang berniat besar. Apalagi ia menyebut total sampah yang dihasilkan Jakarta sebesar 7.000 ton setiap harinya harus dapat dikelola dengan baik.

"Selain bertambah aset, kita harus ubah pola pikir masyarakat. Bukan hanya membuang sampah tapi juga mengelola sampah. Zero waste management. Harus diinternalisasi oleh setiap masyarakat bahwa ini yang akan kita dorong ke depan," ujar Wagub.

Wagub mengimbau agar penyerahan aset sarana kebersihan modern ini diiringi dengan sistem pemeliharaan yang baik. Iapun kembali mengingatkan Dinas Lingkungan Hidup agar senantiasa siaga dalam menghadapi potensi bencana di musim penghujan. [*]

Komentar

Embed Widget

x