Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 19:57 WIB

Jaga Harga Beras, Pemprov DKI Gelar Operasi Pasar

Oleh : Willi Nafie | Selasa, 10 Oktober 2017 | 14:22 WIB
Jaga Harga Beras, Pemprov DKI Gelar Operasi Pasar
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar operasi pasar (OP) menggunakan cadangan beras pemerintah (CBP) di Perum Badan Urusan Logistik (Bulog).

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyatakan tujuan pihaknya tidak hanya menstabilkan harga pangan di Jakarta tapi juga menstabilkan harga pangan secara nasional.

"Kalau harga pangan di Jakarta stabil, seluruh nasional akan stabil dan menuntukkan stok pangan kita cukup, supaya tidak ada lagi mafia dan kartel yang bermain yang memanfaatkan ini dan kemudian memotong dan membikin harga pangan tidak stabil," katanya, Selasa (10/10/2017).

OP di DKI Jakarta bakal disalurkan oleh PT Food Station Tjipinang Jaya selaku BUMD pangan di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, bekerja sama dengan Dewan Pengurus Daerah Persatuan Pengusaha Beras dan Penggilingan Padi Indonesia (Perpadi) DKI Jakarta.

"OP ini menunjukkan bahwa Negara hadir dalam menjaga stabilitas baik stok maupun harga komoditi bahan pokok khususnya beras," ucap Direktur Utama PT Food Station Arief Prasetyo Adi.

OP yang digelar mulai bulan Oktober 2017 hingga Maret 2018 ini distribusi sebanyak 75.000 ton, dengan harga eceran tertinggi (HET) untuk beras OP sebesar Rp 8.100 per kilogram.

Dalam pelaksanaannya, PT Food Station berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Dinas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Perdagangan DKI Jakarta, Dinas Kelautan, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI Jakarta, Biro Perekonomian Provinsi DKI Jakarta serta Satgas Pangan untuk pengawasannya.

"Nanti ada tim yang akan mengecek dan melakukan pengawasan. Mudah-mudahan OP tahun ini berlangsung Iebih baik. Ini pekerjaan besar yang harus kita sukseskan," tuturnya. [ivs]

Komentar

 
x