Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 20:11 WIB

Mengapa Jonru Dilaporkan ke Polisi

Oleh : Fadli Zikri | Kamis, 5 Oktober 2017 | 13:39 WIB
Mengapa Jonru Dilaporkan ke Polisi
Jonru Ginting - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pegiat media sosial Jonru Ginting ditahan oleh Polisi di rumah tahanan Narkoba Polda Metro Jaya.

Jonru ditahan setelah ditetapkan menjadi tersangka oleh penyidik. Jonru dinilai telah melakukan perbuatan ujaran kebencian di media sosial.

Setidaknya ada tiga laporan yang ditujukan kepada Jonru. Pada Kamis (31/8/2017) Jonru dilaporkan oleh seorang pengacara bernama Muannas Al Aidid dengan tuduhan penyebaran ujaran kebencian.

Kemudian pada Senin (4/9/2017) Jonru kembali dilaporkan oleh seorang pengacara, Muhamad Zakir Rasyidin atas kasus pencemaran nama baik dan atau fitnah yang bermuatan kebencian dan sara.

Terakhir Jonru kembali dilaporkan oleh Muannas Al Aidid. Dia melaporkan akun Facebook Jonru Ginting, Nugra Za, dan akun Twitter Intelektual Jadul Flato ke Polda Metro Jaya, pada Selasa (19/9/2017). Akun tersebut dilaporkan karena dituduh telah menyebar fitnah yang menuding kliennya dengan menyebutnya sebagai anak pimpinan PKI.

Menurut keterangan Wadir Krimsus Polda Metro Jaya AKBP Ahmad Yusep, Jonru setidaknya kerap menulis tulisan kontroversial. Perrtama, Jonru pernah memposting mengenai Quraish Shihab yang dipilih menjadi khatib saat Idul Fitri lalu di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Jonru juga pernah memposting tulisan mengenai banyaknya mafia China di Indonesia.

"Kemudian ada juga posting-annya yang intinya, pahlawan kita ini banyak nonmuslim," kata Yusep, Kamis (5/10/2017).

Sebelumnya Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menyebut, kasus Jonru akan masuk tahap pemberkasan. Setelah pemberkasan selesai, maka berkasnya akan dikirim ke Jaksa untuk diteliti. [rok]

Tags

Komentar

 
x