Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 19:21 WIB

DPRD DKI: Serahkan Saja Kepulauan Seribu ke Banten

Oleh : Ivan Setyadi | Jumat, 25 Agustus 2017 | 23:02 WIB
DPRD DKI: Serahkan Saja Kepulauan Seribu ke Banten
Anggota Komisi D DPRD DKI Bestari Barus - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pengelolaan Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata nasional jalan ditempat.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dianggap tidak becus mengelola kawasan primadona wisata kota Jakarta tersebut.

"Saya nitip tolong bicarakan di rapim, khusus kepada Saudara Gubernur, masih serius enggak ngurusin Pulau Seribu ini?'" Kata Anggota Komisi D DPRD DKI Bestari Barus dalam rapat Banggar di Gedung DPRD DKI, Jumat (25/8/2017).

"Kalau enggak, serahkan aja kepada Banten sana, apa-apa alasannya selalu kebijakan nasional," sambungnya memberikan solusi.

Bestari menilai, hingga saat ini belum banyak pariwisata yang dikembangkan di Pulau Seribu. Apabila kebijakan ada di tingkat nasional, lanjut dia, Pemprov DKI seharusnya bisa melakukan lobi untuk menyusun pengembangan pariwisata di sana.

"Sampai sekarang Pulau Seribu enggak jadi apa-apa. Ada keengganan yang sangat besar dari Pemda DKI untuk mengembangkan Pulau Seribu sebagai destinasi wisata," kritiknya.

Bestari menyampaikan hal tersebut karena Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta memangkas anggaran kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) grand design Kepulauan Seribu sekitar Rp 480 juta dalam Kebijakan Umum Perubahan Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) APBD 2017.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan, pihaknya memangkas anggaran tersebut karena Kepulauan Seribu menjadi kawasan strategis pariwisata nasional sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010-2025.[jat]

Tags

 
x