Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 10:12 WIB

Anies Jadi Inspektur Upacara HUT RI ke-72 di Koja

Oleh : - | Kamis, 17 Agustus 2017 | 13:19 WIB
Anies Jadi Inspektur Upacara HUT RI ke-72 di Koja
Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan saat menjadi Inspektur Upacara HUT RI ke-72 di Koja - (Foto: Inilahcom/Dok)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan merayakan Hari Kemerdekaan dengan menghadiri upacara bersama warga Tanah Merah, Koja, Jakarta Utara, Kamis (17/8/2017). Tak hanya itu mantan Mendikbud itu juga didaulat sebagai inspektur upacara.

Dalam amanatnya Anies mengingatkan kembali bahwa kemerdekaan bangsa Indonesia tidak diraih secara instan dan bukan merupakan pemberian, melainkan lewat perjuangan. "Bangsa ini meraih kemerdekaan lewat perjuangan, cucuran keringat tetesan darah hibah nyawa pikiran para para pejuang," kata Anies.

Anies juga mengutip kata-kata dari Presiden pertama RI Soekarno yang menggambarkan kemerdekaan adalah jembatan emas bangsa Indonesia untuk meraih dan mewujudkan janji kemerdekaan. "Menurut bung Karno kemerdekaan adalah jembatan emas. Hari ini kita peringati hadirnya jembatan emas itu dan kita bertanggung jawab memanfaatkan jembatan itu untuk melunasi janji kemerdekaan untuk bersatu berdaulat adil dan makmur," ajak Anies.

Tanggung jawab itu disadari Anies merupakan hal yang membutuhkan perjuangan sangat keras, begitu juga tanggung jawab untuk mewujudkan janji kemerdekaan di ibukota Indonesia. Terlebih di ibukota-lah proklamasi dan UUD 1945 disusun serta dibacakan.

"Kini kita mulai bahwa memastikan bahwa keadilan hadir di ibukota indonesia," tegasnya.

Inisiator Indonesia Mengajar itu juga menyampaikan apresiasinya kepada para warga Tanah Merah yang mempersiapkan upacara dengan sangat baik serta antusias mereka untuk menjalankan upacara dengan khidmat.

"Di tanah merah ini dengan hadirnya banyak warga membuktikan masih ada pejuang di tanah ini, dan warga tanah merah berhasil menunjukkan inilah merahnya Indonesia," tutupnya. [*]

 
x