Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 18 Agustus 2017 | 17:44 WIB

Waktu Tunggu Bus Lama, Saefullah Bakal Sidak

Oleh : Ivan Setyadi | Senin, 7 Agustus 2017 | 16:50 WIB
Waktu Tunggu Bus Lama, Saefullah Bakal Sidak
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah mengaku heran dengan lamanya waktu tunggu (headway) bus Transjakarta disejumlah koridor.

Menurut dia, dengan jumlah bus transjakarta yang tersedia saat ini, harusnya waktu headway tidak sampai lima menit. Namun kenyataannya masih ada penumpang yang menunggu lama hingga 20 menit.

"Kita sudah evaluasi, bisa kita yang operasi itu 1200. kalau ada 12 koridor berarti masing-masing koridor itu minila 80 bisa kita. Jadi kalau 80 bis dalam satu koridor diujung 40, di ujung 40 harusnya menunggunya 2 menit 3 menit," katanya di Balaikota, Senin (7/8/2017).

Saefullah menganggap penting evaluasi transjakarta saat ini mengingat banyaknya proyek pembangunan infrastruktur jalan yang saat ini tengah berjalan, membuat kemacetan semakin parah.

"Kemacetan menjadi sangat luar biasa. Hari ini mungkin nanti selesai dari dewan saya mau on the spot ke salah satu koridor," ungkapnya.

Selain itu, Saefullah juga menekankan pentingnya sterilisasi jalur transjakarta yang masih sering diserobot kendaraan lain selain bus transjakarta.

Saefullah melihat, dengan melihat jalur bus transjakarta yang steril, bisa mendorong warga untuk beralih dari kendaraan pribadi yang kerap macet.

"Tapi kita jaminkan bus ini bisa lewat setiap 5 menit sekali atau tiga menit sekali," tandasnya.[jat]

 
x