Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Oktober 2017 | 09:51 WIB

Ujicoba TransJ Bekasi-HI Pangkas Waktu Tempuh

Oleh : Ivan Setyadhi | Selasa, 1 Agustus 2017 | 21:20 WIB
Ujicoba TransJ Bekasi-HI Pangkas Waktu Tempuh
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ujicoba operasional Bus Transjabodetabek dengan rute Bekasi-Hotel Indonesia sudah berlangsung sejak Kamis (27/7/2017) lalu. Namun, belum banyak warga yang mengetahui keberadaan bus yang beroperasi melalui jalan tol tersebut.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono menganggap wajar hal itu. "Ini kan baru uji coba supaya masyarakat tahu ini lho bakal ada nanti jalur khusus di jalan tol untuk angkutan umum," katanya di Balai Kota, Selasa (1/8/2017).

Transjabodetabek beroperasi dari Summarecon Bekasi ke HI melalui gerbang tol Bekasi dan keluar ke tol Semanggi dengan tarif Rp5.000.

Menurut Bambang, Transjabodetabek kali ini berbeda dengan yang diluncurkan sebelum-sebelumnya. Pada saat uji coba, armada ini mendapatkan pengawalan dari voorijder.

"Kenapa demikian? Karena supaya bergeser, daripada menggunakan mobil pribadi macet, mending naik kendaraan umum," ujarnya.

Namun, kata Bambang, voorijder digunakan untuk sementara. Sebab, dengan pengawalan ini, masyarakat diharapkan tahu keberadaan rute tersebut.

Lebih lanjut Bambang menerangkan, Transjabodetabek tersebut untuk menarik minat masyarakat agar meninggalkan kendaraan pribadi dan berpindah ke transporatsi umum. Dari hasil ujicoba, menurut Bambang, didapatkan waktu tempuh yang lebih singkat.

"Kemarin kita uji coba 1 jam, hari Senin saya coba 1 jam 20 menit. Mereka happy. Nah ini Pak kendaraan umum yang kami idam-idamkan dari dulu. Itu respons dari masyarakat," tandasnya, [ton]

Komentar

 
x