Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Oktober 2017 | 20:54 WIB

Djarot Singgung Masih Ada Ormas Anti-Pancasila

Oleh : Ivan Setyadhi | Kamis, 20 Juli 2017 | 13:12 WIB
Djarot Singgung Masih Ada Ormas Anti-Pancasila
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyinggung masih adanya ormas di Indonesia yang sudah sepatutnya dibubarkan selain Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Pasalnya, ormas tersebut dinilai tidak sesuai dengan Pancasila.

"Kalau menurut saya sih masih ada yang seperti itu (ormas antiPancasila)," kata Djarot, Kamis (20/7/2017).

Namun Djarot enggan menyebut identitas ormas tersebut, karena menurut dia, itu adalah tugas pemerintah untuk mencari tahu dan membuktikan.

Selanjutnya, jika terbukti antipancasila, nasib ormas tersebut akan seperti HTI yang dilarang beroperasi lagi di Indonesia.

"Yang teliti Kemenkumham, sama masyarakat, sama Kemendagri. Kami tidak bisa men-cap begitu antipancasila, tapi masyarakat tahu," ungkapnya.

Diketahui, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM sudah mencabut status badan hukum ormas HTI. Dengan begitu, HTI resmi dibubarkan oleh pemerintah.

Dirjen AHU Kemenkumham Freddy Harris mengatakan pembubaran HTI mengacu pada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 yang mengubah UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan. [ton]

Komentar

 
x