Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Oktober 2017 | 20:54 WIB

Gubernur Djarot Dukung Pembubaran HTI

Oleh : Ivan Setyadhi | Kamis, 20 Juli 2017 | 12:35 WIB
Gubernur Djarot Dukung Pembubaran HTI
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat ikut berkomentar soal pembubaran Ormas HTI oleh KemenkumHAM. Karena ia menilai ormas yang melenceng harus ditindak.

"Jadi pembubaran itu sudah tepat ya. Kalau saya (kira) tepat," ujar Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (20/7/2017).

Djarot pun mempersilahkan HTI menempuh jalur hukum jika tidak terima. Namun Djarot mengingatkan, kegiatan HTI dinilai salah.

"Misalnya HTI tidak terima di pengadilan, kasus hukum, bukan pemerintah otoriter. Karena (HTI) bikin khilafah islamiah. Pancasila kan nggak kayak begitu," ungkapnya.

Menurut Djarot, pembubaran HTI merupakan langkah awal pemerintah menyelamatkan pancasila. Sebab, ia menganggap HTI sudah lama anti dengan pancasila.

"Jadi ini kan awal. Kalau HTI kan sudah lama diduga kayak begitu. Say dengar waktu saya jadi wali kota udah kayak gitu," katanya.

Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kementerian Hukum dan HAM sudah mencabut status badan hukum ormas HTI. Dengan begitu, HTI resmi dibubarkan oleh pemerintah.

Dirjen AHU Kemenkumham Freddy Harris mengatakan pembubaran HTI mengacu pada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 yang mengubah UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan. [ton]

Komentar

 
x