Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 18 Agustus 2017 | 17:41 WIB

Perbaikan Koridor 13 Busway

Pemprov DKI Targetkan Rampung 17 Agustus

Oleh : Ivan Setyadi | Selasa, 11 Juli 2017 | 01:38 WIB
Pemprov DKI Targetkan Rampung 17 Agustus
Bus transjakarta Koridor 13 (Ciledug-Tendean) melintasi Halte CSW saat ujicoba di Jakarta - (Foto: inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta telah merampungkan proses perbaikan fasilitas disepanjang koridor 13 Bus Transjakarta rute Ciledug-Tendean, Senin (10/7/2017).

Adapun hal selanjutnya ialah menunggu keputusan layak fungsi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) terkait perbaikan fasilitas ini.

"Kalau Surat Layak Fungsi (SLF) sedang diproses sama Kempupera. Sudah ada pembahasan. Dan sudah dalam rancangan. Kita berharap ya, kalau enggak ada halangan, ya tanggal 20 Juli atau minggu ketiga bulan ini (diterbitkan). Harapan kita ya," ujar Kepala Dinas Bina Marga DKI, Yusmada Faisal di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (10/7/2017).

Sampai saat ini, lanjutnya, pihak Bina Marga DKI terus melakukan komunikasi dengan pihak Kementerian PUPR. Sambil menunggu SLF diterbitkan, kata Yusmada, pihaknya terus melakukan proses persiapan uji coba jalan.

Hal ini perlu dilakukan lantaran Gubernur DKI, Djarot Saiful Hidayat menginginkan Koridor 13 diresmikan pada peringatan Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus mendatang.

"Komunikasi jalan terus. Kita sudah merancang untuk menetapkan hari pengujiannya. Harinya itu tergantung kesiapan mereka (Transjakarta). Butuh pengujian, seperti pengujian beban dan segala macam," katanya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Budi Kaliwono, mengungkapkan, operasional Transjakarta Koridor 13 rute Kapten Tendean-Ciledug belum bisa dilakukan hingga ada SLF jembatan layang dari Kementerian PUPR.

Dikarenakan SLF belum diberikan oleh Kementerian PUPR, maka peresmian Koridor 13 yang direncanakan dilakukan bertepatan dengan HUT DKI Jakarta pada 22 Juli 2017 batal dilakukan. Begitu juga, operasional bus Transjakarta melalui koridor ini juga ditunda. [rym]

 
x