Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 Juli 2017 | 01:47 WIB

Keseruan Kontes Cosplay di Jakarta Fair

Oleh : - | Senin, 10 Juli 2017 | 20:02 WIB
Keseruan Kontes Cosplay di Jakarta Fair
(Foto: Jiexpo)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Jakarta Fair Kemayoran (JFK) selalu disemarakkan dengan berbagai konten dan kontes yang kreatif. Salah satunya adalah dengan digelarnya kontes cosplay.

Kontes mampu menarik perhatian para cosplayer dari seluruh Indonesia. Terbukti, sebanyak 67 cosplayer turut berpartisipasi dalam kontes cosplay yang diadakan di area Panggung Budaya Gambir, Minggu (9/7/2017).

Para peserta kontes cosplay ini pun berlomba-berlomba menunjukan aksinya di atas panggung Gambir dengan kostum unik yang menyerupai karakter dalam film-film kartun atau superhero. Beberapa karakter dari film kartun Naruto seperti Naruto Uzumaki, Kakashi, Gaara hingga Sasuke menghibur pengunjung Jakarta Fair di siang itu.

Meskipun sebagian besar karakter berasal dari film anime yang berasal dari Jepang, beberapa Cosplayer lainnya pun justru memilih untuk mengadaptasi karakter-karakter dari film Barat. Ada cosplayer yang menyerupai Captain Jack Sparrow dari film Pirates of the Caribbean dan Optimus Prime dalam film The Transformer.

Adapun kontes cosplay ini memperebutkan lima kategori pemenang, yang di antaranya adalah kategori best costume, kategori best performance, dan juara 3 hingga 1. Hadiah utama yang diberikan kepada pemenang kontes cosplay ini adalah 1 unit sepeda motor.

Sementara itu, penampilan yang ditunjukan oleh para cosplayer di atas panggung yaitu mereka beraksi seolah-olah sedang berperan dalam adegan film. Dengan kostum semirip mungkin, mereka pun berperan seolah-olah menjadi karakter yang mereka inginkan.

Salah satunya seperti yang ditunjukan oleh cosplayer cilik yang berperan menjadi karakter Sun Go Kong. Dalam aksinya tersebut, dirinya pun berperan dalam sebuah adegan ketika Sun Go Kong dikutuk oleh Buddha. Sementara itu, sang pemeran Captain Jack Sparrow pun tak mau kalah dengan menampilkan aksi jenakanya, ketika Jack Sparrow sedang beradegan mencari sebuah harta karun.

Meskipun para cosplayer tampil dengan waktu yang singkat, para pengunjung pun terlihat begitu antusias. Area Panggung Gambir pun seketika penuh saat gelaran cosplay kontes ini berlangsung.

Salah satu peserta Cosplay tahun ini yang berperan sebagai Kamen Rider X, Igasaki, pun mengaku nama besar Jakarta Fair yang merupakan salah satu ikon Kota Jakarta menjadi daya tarik tersendiri bagi para cosplayer. Hal ini menjadi salah satu faktor selain hadiah hingga puluhan juta yang diberikan oleh Jakarta Fair.

"Wah kalo bisa sih setiap tahun diadain terus, jadi biar anak-anak cosplayer dari mana-mana contohnya tadi ada dari Banjarmasin yang datang dengan anaknya pakai Power Ranger, dari Bandung juga ada datang jauh-jauh belain ke kontes cosplay Jakarta Fair," tuturnya.

Sementara itu, peserta cosplayer lainnya yang bernama Haikal, mengatakan bahwa meskipun event ini hadir dalam bentuk kontes tetapi ajang ini juga bisa sekaligus tempat berkumpul bersama cosplayer dan komunitas cosplayer lainnya di Indonesia. "Acara ini membuat kita para penghobi cosplay, jadi bisa kumpul-kumpul, istilahnya dari yang jauh pun bisa datang kesini. Untuk itu harapannya acara ini harus ada lagi ," ujar Haikal. [*]

 
x