Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 Juli 2017 | 01:41 WIB

Tahun Depan, Angkot Bakal Dipasangi AC

Oleh : Ivan Setyadi | Sabtu, 1 Juli 2017 | 19:01 WIB
Tahun Depan, Angkot Bakal Dipasangi AC
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan) mencoba angkutan kota ber-AC disaksikan Senior VP Operational GO-JEK Arno Tse dan Senior Public Policy Associate Uber Pandu Adi Laras saat peluncuran program angkutan umum ber-AC di Silang Monas, Jakarta, Sabt - (Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kabar gembira bagi anda para pengguna jasa transportasi angkutan kota alias angkot. Kementerian perhubungan berencana meningkatkan layanan transportasi umum seperti angkot.

Salah satunya dengan pemasangan pendingin udara atau air conditioner di sejumlah angkot di kawasan Jabodetabek.

"Dan (peraturannya) akan dilaksanakan paling lambat Februari 2018," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ketika di kawasan Monas, Sabtu (1/7/2017).

Program pemasangan AC di angkot ini adalah untuk mengajak para pengelola alat transportasi umum agar mempedulikan kenyamanan, keamanan dan keselamatan masyarakat.

"Kami ingin angkot ini kompetitif, nyaman dan meninggalkan kendaraan pribadi," ujarnya.

Pemerintah akan menggandeng sejumlah pihak untuk meningkatkan layanan transportasi angkot. Salah satunya adalah kerja sama dengan pengelola transportasi online.

"Kami ingin ada kolaborasi antara taksi daring, taksi biasa dan angkot, supaya masyarakat tidak menggunakan mobil pribadi," tuturnya.

Program pemasangan AC disebut sejalan dengan Peraturan Menhub Nomor PM 29 Tahun 2015 tentang standar pelayanan minimal angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum dalam trayek.

"Sesuai PM 29, kami berharap pada tahun 2018 seluruh angkutan umum menggunakan AC, dengan temperatur 20-25 derajat Celcius," tandasnya.

 
x