Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 12:07 WIB

Inilah Peserta yang Setia Bersama Jakarta Fair

Oleh : - | Kamis, 29 Juni 2017 | 12:15 WIB
Inilah Peserta yang Setia Bersama Jakarta Fair
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Jakarta Fair kini telah memasuki usianya yang telah menyentuh lima dekade. Selama itu pula, terdapat salah satu stan peserta yang tak pernah absen untuk ikut serta meramaikan event akbar ini dari tahun ke tahun.

Mulai dari penyelenggaraan jakarta Fair di area Monumen Nasional, hingga akhirnya berpindah ke area Kemayoran, stan peserta ini pun terus berdiri. Adapun peserta yang dimaksud ini adalah American Donat.

Sejak pertama kali menjejakkan kaki ke stan American Donat yang terletak di area open space, para pengunjung akan langsung disuguhkan oleh foto-foto hitam putih, yang mencoba mengingatkan sekaligus memperlihatkan bagaimana stan ini beroperasi di Jakarta Fair puluhan tahun lalu. Dengan etalase yang sederhana, nyatanya American Donat tetap mampu menarik banyak minta pengunjung Jakarta Fair dari tahun ke tahun.

American Donat disebut-sebut sebagai salah satu pionir dari kue donat di Indonesia. Saat ini, menu yang ditawarkan oleh American Donat memiliki empat varian yang diantaranya cake donat, muffin, wafel stick hingga yang terbaru brownies donat.

Sementara itu ada tiga varian rasa yang ditawarkan, yaitu rasa cokelat, keju dan gula. Harga yang ditawarkan pun murah karena satu donat dihargai hanya Rp 8 ribu hingga Rp 10 ribu saja.

"Salah satu yang jadi favorit pengunjung itu biasanya mereka pesan yang varian donat gula," ujar salah satu petugas stan.

Sementara itu, diakui oleh sejumlah pengunjung, American Donat memang sudah melekat dalam benak mereka dengan perhelatan Jakarta Fair. Hal ini karena dahulu, mereka hanya bisa menemukan American Donat satu tahun sekali melalui Jakarta Fair.

Beberapa pengunjung mengaku menjadi salah satu pembeli tetap jika sedang datang ke Jakarta Fair, karena rasanya yang klasik dan khas. Hal ini seperti yang disampaikan oleh salah satu pembeli, Saptahadi (47) yang mengaku sudah menikmati American Donat sejak 10 tahun lalu melalui gelaran Jakarta Fair.

"Kalau dulu mau makan American Donat, kita harus nunggu satu tahun sekali. Karena dulu kan cuma ada di Jakarta Fair, gak ada lagi di tempat lain," tuturnya.

Dirinya pun mengakui, setiap kali datang ke Jakarta Fair selalu menyempatkan diri untuk membeli donat ini. Adapun salah satu menu yang menjadi favorit baginya dan keluarganya adalah sate waffle dan donat gula. Baginya stan ini merupakan salah satu stan yang wajib untuk dikunjungi kala melawat ke Jakarta Fair.

"Mungkin karena kualitas rasanya kali ya. Dari dulu sampai sekarang rasanya tidak berubah banyak, bikin inget sama jaman-jaman dulu," tambahnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh pengunjung lainnya, yaitu Kinan (24), yang mengaku pertama kali mencicipi donat ini saat berusia 9 tahun. Sejak saat itu, dirinya pun menjadikan American Donat sebagai salah satu hidangan yang wajib dicicipi di Jakarta Fair.

"Dulu pertama kali pernah dibawain ke rumah, oleh-oleh khas Jakarta Fair kalo kata ayah," tuturnya.

Perlu dicatat juga bahwa selama masa libur lebaran yakni 26 Juni-2 Juli Jakarta Fair mulai dibuka mulai pukul 10.00 hingga 23.00 WIB. Beragam acara seru dan menarik selalu dipersiapkan dalam memeriahkan suasana lebaran di Jakarta Fair Kemayoran. [ton]

 
x