Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 12:05 WIB

Ini Pembagian Tugas Pembunuh Davidson Tantono

Oleh : Happy Karundeng | Rabu, 21 Juni 2017 | 18:28 WIB
Ini Pembagian Tugas Pembunuh Davidson Tantono
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochammad Iriawan - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochammad Iriawan menyatakan kawanan perampok dan pembunuh Davidson Tantono memiliki peran masing-masing, dan membentuk menjadi 5 tim.

"Ada tim Baret bertugas untuk melakukan eksekusi apabila korban melakukan perlawanan. Ini dilakukan SFL. Safril ini kami lumpuhkan atau tindakan tegas di Banyuwangi. Dia yang menembak korban," kata Iriawan di Mapolda Metro Jaya, Rabu (21/6/2017).

Selain itu ada juga pelaku yang berperan sebagai pilot yang bertugas untuk membonceng eksekutor dengan menggunakan sepeda motor. Pilot ini sudah ditangkap.

"Ada dari kawanan ini juga ada yang berperan sebagai mata-mata yang mengintai calon korban yang melakukan transaksi di bank. Kemudian tim gambar juga demikian masuk ke bank menggambar situasi," bebernya.

Iriawan merinci, jika target yang diintai sudah ditentukan, maka pelaku yang berperan sebagai mata-mata ini berkoordinasi dengan tim lain yang bertugas sebagai penggembos ban.

"Jadi pelaku bekerjasama, dimana ada yang menggambar, korban atau target di bank. Target tersebut diamat amati dan diikuti," ulasnya.

Selain itu ada pelaku yang berperan sebagai penggembos ban yang disebutnya masuk dalam tim cucuk. Tim ini, sudah berjaga-jaga ketika Davidson telah meninggalkan bank dengan mengendarai mobil.

"Kemudian ada tim cucuk, yaitu tim penggembos ban dengan cara pakai payung ditajamkan kemudian sendal jepit ditaruh di ban kemudian digembos," kata dia.

Tim terakhir, adalah penghalang, jika pelaku dikejar warga atau polisi usai melakukan aksi perampokan. Tim ini, lanjutnya menggunakan mobil untuk menghadang apabila ada pengejaran.

"Terakhir tim penghambat. Tim ini yaitu menghambat kalau pelaku dikejar oleh petugas atau masyarakat. Dia menghambat pakai satu mobil," kata dia.

Sedangkan RCL (42) kekasih pimpinan bandit di luar dari tim yang berperan merampok Davidson usai mengambil uang di BCA cabang Green Garden, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (9/6/2017) siang.

RCL berperan menyewakan apartemen Bassura City, Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta Timur. Di apartemen itu digunakan untuk merancang aksi perampokan Davidson.[jat]

 
x