Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 November 2017 | 07:49 WIB

Ujaran Kebencian, Polisi Panggil Alfian Tanjung

Oleh : Happy Karundeng | Kamis, 18 Mei 2017 | 14:23 WIB
Ujaran Kebencian, Polisi Panggil Alfian Tanjung
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan pihaknya telah melayangkan panggilan kepada ustadz Alfian Tanjung dalam kasus dugaan penyebaran ujaran kebencian. Alfian dipanggil sebagai saksi terlapor.

"Agendanya jam 10 ya. Tentu kami tunggu ya, nanti setelah diperiksa sebagai saksi kemudian nanti akan diselidiki," ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Kamis (18/5/2017).

Meski demikian ia belum mengerahui secara pasti apakah Alfian hadir atau tidak. Menurut Argo, Alfian akan diperiksa terkait cuitan di Akun Twitter-nya yang menyebut bahwa kebanyakan kader PDIP adalah PKI.

"Terkait laporan PDIP (yang) disebut oleh beliau dalam akun twitternya bahwa PDIP 85% isinya kader PKI," jelasnya.

Argo menjelaskan hingga kini polisi belum meningkatkan kasus ujaran kebencian Alfian ke tahap penyidikan. Polisi masih mengumpulkan sejumlah alat bukti untuk selanjutnya dilakukan gelar perkara.

"Nanti kami gelar, apakah ada atau tidak unsur pidananya. Nanti kalau ada pidana ya kami (tingkatkan ke tahap) penyidikan," ucap Argo.

Sebelumnya, Alfian Tanjung beberapa kali tersandung persoalan hukum karena ucapannya soal PKI. Dia pernah disomasi oleh anggota Dewan Pers Nezar Patria lantaran menudingnya sebagai PKI.

Bukan hanya Nezar, Alfian juga menuding sejumlah tokoh yang biasa rapat di Istana Negara sebagai PKI.

Dia juga dilaporkan oleh seorang warga Surabaya, Jawa Timur bernama Sujatmiko lantaran memberikan ceramah dengan materi tentang PKI. Saat itu dia tengah berceramah di Masjid Mujahidin, Surabaya.[jat]

Komentar

 
Embed Widget

x