Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 28 Mei 2017 | 00:47 WIB

Lulung: Djarot Bisa Langsung jadi Plt Gubernur DKI

Oleh : Happy Karundeng | Selasa, 9 Mei 2017 | 15:31 WIB
Lulung: Djarot Bisa Langsung jadi Plt Gubernur DKI
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Abraham Lunggana atau Haji Lulung - (Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Abraham Lunggana atau Haji Lulung mengatakan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat seharusnya bisa langsung menjabat pelaksana tugas Gubernur DKI pasca Basuki Tjahaja Purnama divonis penjara dua tahun.

"Iya Pak Djarot dong. Mestinya sih langsung, karena sudah ada putusan hukum walaupun dia banding. Artinya, kan' sudah jelas ditahan," katanya saat dihubungi di Jakarta, Selasa (9/5/2017).

Ia menjelaskan, memang saat ini vonis sidang belum menjadi putusan inkrah karena Ahok memutuskan untuk mengajukan banding. Tapi menurutnya, putusan sidang hari ini sudah bisa digunakan sebagai dasar hukum.

"Kan kalau banding belum punya kekuatan hukum tetap, namun putusan pengadilan pertama itu, Ahok ditahan. Jadi, dia harus menjalankan masa tahanan itu. Takut menghilangkan barang bukti," jelasnya.

Sebelumnya Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara resmi menjatuhkan vonis dua tahun penjara terhadap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam kasus penodaan agama atas perkataannya yang menyadur Surah Al Maidah ayat 51 di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

Kemendagri pun memutuskan untuk menunjuk Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat untuk menjadi Pelaksana Tugas Gubernur DKI selama Ahok menjalani masa tahanan hingga masa jabatan keduanya usai. Ini dilakukan agar tidak terjadi kekosongan pemerintahan di Ibukota.[jat]

 
x