Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 25 Mei 2017 | 10:18 WIB

Ini Refleksi Anies di Hari Ulang Tahunnya

Oleh : - | Minggu, 7 Mei 2017 | 21:14 WIB
Ini Refleksi Anies di Hari Ulang Tahunnya
(Foto: inilahcom/Dok)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tepat berusia 48 tahun pada hari ini, Minggu (7/5/2017). Meskipun hari ini merupakan ulang tahunnya Anies menilai hari ini bukan hanya tentang dirinya.

Bahkan di tengah kesibukannya sebagai gubernur terpilih, Anies mengaku belum sempat merayakan hari jadinya itu dan baru dirayakan berkat inisiatif masyarakat Sikh Jakarta saat beliau mengunjungi Sikh Temple Gurdwara, Pasar Baru, Jakarta Pusat.

"Hari ini ulang tahun terasa spesial karena teman teman di sini menyediakan kejutan berupa kue, hari ini saya belum merayakan ulang tahun, jadi ini peryaan pertama di sini," ungkapnya.

Menurut Mantan Mendikbud itu hari ulang tahunnya sebenarnya merupakan hari di mana Anies memperingati besarnya pengorbanan ibunya yang telah melahirkan dan merawatnya hingga menjadi seseorang yang sekarang. Hari ini peringatan tentang ibu yang mengandung kita membesarkan kita dengan penuh kasih sayang selama kita hidup. Jadi saya bukan merefleksikan temtang seorang Anies, tapi saya merefleksikan tentang ibu," jelasnya

Inisiator Indonesia mengajar itu juga menjelaakan latar belakang kelahirannya di mana Anies lahir di rumah dan ditolong oleh seorang bidan kampung di Kuningan 48 tahun lalu. "Saya dilahirkan di Kuningan bukan di klinik tapi di sebuah ruangan belakang rumah, dan dibantu bidan namanya bidan Ani yang membantu persalinan," kenangnya.

Lebih dari itu, Anies juga ingin refleksinya itu diturunkan dalam kepemimpinannya untuk Jakarta. Di mana mana semua ibu di kota ini dapat pulang ke rumah dengan membawa bayinya.

"Nggak boleh lagi kita dengar seorang ibu yang melahirkan bayi di Jakarta usai melahirkan diantarkan ke kubur, suaminya harus bisa membawa bayinya dan ibunya ke rumah, bukan membawa bayinya ke rumah tapi ibunya ke kubur karena ibunya meninggal saat persalinan begitu juga dengan sang bayi jangan sampai diantar ke kubur karena meninggal saat persalinan," paparnya.

Maka dari itu Anies akan membuat Jakarta menjadi kota yang ramah dan bersahabat kepada setiap ibu dan anak. "Jakarta harus menjadi kota yang ramah dan bersahabat kepada setiap ibu yang akan melahirkan dan bayi yang akan dilahirkan, itu refleksi hari ini hari saya dilahirkan hari saya diantarkan untuk hidup di dunia dan hari darah itu ditumpahkan," ucapnya. [*]

 
x