Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Oktober 2017 | 15:19 WIB

Ini Syarat untuk Anies-Sandi Jika Mau Ganti Sekda

Oleh : Ivan Setyadi | Jumat, 28 April 2017 | 20:04 WIB
Ini Syarat untuk Anies-Sandi Jika Mau Ganti Sekda
Pakar Hukum Tata Negara, Margarito Kamis - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pakar Hukum Tata Negara, Margarito Kamis mengingatkan kepada Anies-Sandi untuk tidak gegabah mengganti posisi Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta.

Dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pergantian pejabat di lingkungan pemerintahan daerah merupakan wewenang kepala daerah, sebagai pejabat pembina aparatur sipil negara di daerah.

"Tetapi dalam UU Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil negara, pergantian Sekretaris Daerah, yang dalam UU aparatur sipil negara, diatur serangkaian kaidah," katanya kepada INILAHCOM, Jumat (28/4/2017).

Salah satu kaidahnya adalah Sekretaris Daerah tidak bisa diganti dalam waktu 2 tahun terhitung sejak Sekretaris Daerah itu diangkat menduduki jabatan itu. Itu berarti setelah Sekretaris memangku jabatan itu setelah lebih dari dua tahun, baru dapat diganti.

Begitupun prosedur pergantiannya, harus dilakukan dengan seleksi, dan dalam seleksi itu harus diperoleh tiga nama. Ketiga nama itulah yang diusulkan ke Presiden melalui Menteri Dalam Negeri untuk di SK kan.

Syarat lain yang harus diperhatikan, Pejabat aparatur sipil negara yang hendak diangkat menjadi sekretaris daerah, yang dalam UU Aparatur sipil negara disebut Pejabat Tinggi utama di daerah, harus memiliki kualifikasi kompetensi teknis, kinerja, moral.

Bagaimana jika calon kandidat Sekda saat ini bekerja di Kementerian. Apakah bisa ditarik?

"Sangat bisa ditarik ke Pemprov, penarikan itu dibenarkan dalam UU Aparatur Sipil Negara," tandasnya.[jat]

Komentar

 
x