Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 24 Juni 2017 | 12:09 WIB

Sekda Sarankan Anies-Sandi Kaji Soal Saham Bir DKI

Oleh : Ivan Setyadi | Selasa, 25 April 2017 | 19:23 WIB
Sekda Sarankan Anies-Sandi Kaji Soal Saham Bir DKI
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Rencana gubernur terpilih versi hitung cepat, Anies Baswedan melepas saham Pemprov DKI di salah satu perusahaan bir, PT Delta Djakarta Tbk perlu dipertimbangkan lagi.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah mengatakan ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh Anies-Sandiaga untuk melepas saham tersebut.

Saefullah menjelaskan, Pemprov DKI melalui Asisten Perekonomian DKI Jakarta dan Badan Pembinaan (BP) BUMD mengevaluasi terlebih dahulu apakah saham yang dimiliki Pemprov DKI berkepentingan langsung dengan kebutuhan masyarakat atau tidak.

Selain itu dividen atau pembagian laba yang didapatkan Pemprov DKI setiap tahunnya cukup menguntungkan untuk masuk ke dalam pendapatan daerah.

"Dividen yang dimasukkan ke APBD pada setiap tahun logis (menguntungkan) atau tidak. Kalau tidak logis kami evaluasi," ujar Saefullah di Balai Kota, Selasa (25/4/2017).

Saefullah mengatakan, sejak memiliki saham tersebut pada 1970, keuntungan yang didapat terbilang lumayan. Dengan begitu, tak salah jika dipertahankan.

"Kalau misalnya ini bisnis yang menjanjikan ya harusnya dipelihara. Tapi saya tidak bisa berpendapat sendiri, semua berbalik kepada pimpinan daerah dan DPRD nanti," ujar Saefullah.

Pemprov DKI memiliki saham sebesar 26,25 persen di perusahaan miras, PT Delta Djakarta Tbk. PT Delta Djakarta memegang lisensi produksi dan distribusi beberapa merek bir internasional. DKI sudah menanam saham sejak tahun 1970.[jat]

Tags

 
Embed Widget

x