Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 25 Mei 2017 | 10:14 WIB

Pelapor Sandiaga Minta Andreas Buka-bukaan

Oleh : - | Kamis, 13 April 2017 | 16:29 WIB
Pelapor Sandiaga Minta Andreas Buka-bukaan
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Polda Metro Jaya menjemput paksa rekan bisnis Sandiaga Uno, Andreas Tjahjadi, yang sempat pergi ke luar negeri yakni ke Jepang dan Amerika Serikat.

Penjemputan paksa ini dilakukan karena Andreas sudah dua kali dipanggil penyidik tapi tidak memenuhinya. Ia mangkir dari pemeriksaan sebanyak dua kali.

Mendengar kabar tersebut, kuasa pelapor kasus dugaan penggelapan jual beli tanah di Curug, Tangerang, Edward Soeryadjaya, Fransiska Kumalawati Susilo, menyambut baik langkah Polri. Ia berharap Polri dapat membuka dan membongkar kasus tersebut.

"Ya Andreas membuka kebenaran karena selama ini jawaban Sandiaga selalu tidak tahu. Notaris dalam penjualan ini tidak akan terjadi apabila tidak ada tanda tangan Andreas dan Sandiaga," ujar Fransisca saat ditemui di Polda Metro Jaya, Kamis (13/04/2017).

Sisca menerangkan kedatangannya ke Polda Metro Jaya guna menemui Andreas. Sebab Andreas selalu menghindar dalam persoalan ini. "Mereka gentlemen ajalah. Ngaku saja, kamu itu (Sandiaga) tidak berani tapi berkoar.

Dalam dekat ini, Sisca juga akan melaporkan Sandiaga terkait pasal TPPU (tindak pidana pencucian uang).

Sebelumnya Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Argo Yuwono mengatakan penjemputan dilakukan pada Kamis (13/4) dini hari sekitar pukul 01.00 Wib. Andreas dibawa ke Mapolda Metro untuk dilakukan pemeriksaan.

"Intinya dua kali dipanggil tidak hadir ya sudah kita tadi malam karena ada informasi kita ambil di bandara dan bawa ke Polda," kata Argo kepada wartawan, Kamis (13/4).

Argo menambahkan, saat ini yang bersangkutan sedang dimintai keterangannya oleh penyidik terkait kasus dugaan penggelapan tanah sebagaimana yang dilaporkan oleh Edward Soeryadjaya melalui kuasa hukumnya Fransiska Kumalawati Susilo. Sementara statusnya masih sebagai saksi.

"Masih saksi, sekarang kan sedang diperiksa dan masih saksi sehingga belum ditahan," tambah Argo.

Di samping itu, Argo mengatakan belum ada langkah yang jauh terkait pencekalan terhadap Andreas. Karena menurut dia, sementara ini status Andreas masih sebagai saksi.

"Kan masih saksi, nanti kita lihat dulu lah ya. Masa saksi dicekal," jelas dia.

Untuk diketahui, Edward Soeryadjaya memberi kuasa kepada Fransiska Kumalawati Susilo melaporkan Sandiaga Uno dan rekan bisnisnya Andreas ke Polda Metro terkait kasus dugaan penggelapan penjualan sebidang tanah di Jalan Raya Curug, Tangerang Selatan, Banten.

Sandiaga mengaku mengenal nama Rr Fansiska Kumalawati Susilo yang merupakan istri kedua Edward Soerjadja. Edward Soerjadja adalah anak pendiri Astra International, William Soerjadjaja.

Calon wakil gubernur DKI itu mendatangi Polda Metro Jaya untuk memenuhi panggilan pemeriksaan sebagai saksi pada Jumat, (31/3) lalu. Sandi baru pertama kalinya diperiksa untuk dugaan kasus penggelapan tanah. Sandiaga tiba di Polda Metro Jaya pukul 13.12 WIB dan selesai menjalani pemeriksaan pada 17.34 WIB. [rok]

 
x