Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 15 Desember 2017 | 09:45 WIB

Pemprov DKI Hibahkan Saham RS Haji Jakarta

Oleh : Ivan Setyadi | Senin, 27 Maret 2017 | 16:07 WIB
Pemprov DKI Hibahkan Saham RS Haji Jakarta
Rumah Sakit Haji Jakarta - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghibahkan saham mayoritas Rumah Sakit Haji Jakarta ke Kementerian Agama.

Saham sebesar 51 persen dilepas ke Kemenag untuk menjadikan RS Haji sebagai teaching hospital.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Saefullah mengatakan, pertimbangan kepentingan masyarakat menjadi alasan Pemprov melepas saham mayoritasnya.

"Urusan negara tidak ada untung rugi. Kita sudah mendapat persetujuan dari DPRD. Semua prosedur sudah kita jalankan sesuai SOP," kata Saefullah di Balai Kota, Senin (27/3/2017).

Nantinya, setelah mendapat saham mayoritas, Kemenag bakal menggandeng UIN Jakarta dan menjadikan RS Haji sebagai Teaching Hospital.

"Dibawah manajemen Kemenag, karena fakultas kedokteran di UIN masih relatif muda. Rasio dokter dengan jumlah penduduk di Jakarta belum mencapai angka ideal," ungkapnya.

Sementara itu, Sekjen Kemenag Nur Syam yang menghadiri acara serah terima mengaku bersyukur atas pencapaian ini.

"Setelah melalui proses panjang (sejak 2013), akhirnya terealisasi. Penghibahan saham milik Pemprov DKI Jakarta kepada Kementerian Agama RI didasarkan pada harapan agar, kedepan, Rumah Sakit Haji Jakarta lebih fungsional dan membawa manfaat yang lebih besar, utamanya bagi masyarakat Jakarta," bebernya.

Selain Pemprov (51 persen), setidaknya ada beberapa stake holder yang menjadi pemegang saham atas RSHJ. Mereka adalah Badan Pengelola Dana Abadi Umat (42 persen), Koperasi Karyawan Rumah Sakit Haji Jakarta (Kopkar Usaha Pratama) (6 persen), dan Tuan Doktorandus Haji Mubarok (1 persen).[jat]

Tags

Komentar

 
x