Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 25 Mei 2017 | 10:13 WIB

Banyak Kendaraan Nunggak

Pemprov Bakal Razia Besar-besaran

Oleh : Ivan Setyadi | Jumat, 24 Maret 2017 | 14:06 WIB
Pemprov Bakal Razia Besar-besaran
Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta, Edi Sumantri - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta bakal menggelar razia gabungan guna menindak pengendara bermotor roda dua dan empat yang menunggak membayar pajak kendaraan bermotor (PKB).

Rencananya, operasi tersebut bakal digelar ahkir April hingga Juni. "Dan kedua pada bulan Juli hingga Desember," Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta, Edi Sumantri, Jumat (24/3/2017).

Selain BPRD, dan Dinas Perhubungan Jakarta, operasi besar-besaran ini juga akan melibatkan Bank DKI, Ditlantas Polda Metro Jaya dan PT Jasa Raharja.

"Warga yang terjaring akan dikenakan sanksi tilang oleh aparat kepolisian sekaligus dibuka pelayanan mobil keliling bagi warga yang hendak membayar tunggakan pajak kendaraan bermotor," ungkapnya.

Di tahap kedua, razia gabungan yang akan digelar selama bulan Juli hingga Desember dan disertai sanksi yang lebih tegas. "Dengan pengandangan kendaraan bermotor disertai sanksi denda sebesar Rp500 ribu per hari," bebernya.

Edi mengungkapkan, operasi gabungan ini digelar untuk meningkatkan penerimaan daerah dari jenis PKB.

"Berdasarkan data piutang, PKB roda dua dan empat yang belum masuk ke kas daerah hingga saat ini sekitar Rp2 triliun. Potensi pajak yang masih aktif sekitar 80 persen," tandasnya.

Edi menargetkan penerimaan sekitar 50 persen atau sebesar Rp600 miliar dari potensi PKB yang masih aktif dapat tercapai dari operasi gabungan yang akan digelar di Ibukota.[jat]

Tags

 
x