Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 15:38 WIB

Pelaku Perampokan Spesialis Rumah Kosong Ditangkap

Oleh : Happy Karundeng | Jumat, 17 Februari 2017 | 22:00 WIB
Pelaku Perampokan Spesialis Rumah Kosong Ditangkap
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Aris Priyono mengatakan pihaknya berhasil mengungkap kasus pencurian dengan pemberatan di dua lokasi di Jakarta.

"Kami berhasil mengungkap kasus tindak pidana pencurian dengan pembemberatan, sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 yang terjadi pada Selasa (24/1/2017) di Meruya Jelambar Baru, Jakarta Barat. Korbannya bernama Fuji Salim dan Edy Susianto," katanya di Mapolda Metro Jaya, Jumat (17/2/2017).

Dalam pengungkapan ini polisi berhasil mengamankan dua orang tersangka. K warga Cengkareng Timur dan S alias A warga Bogorejo. Dari pengembangan Polisi juga menetapkan J salah seorang tersangka sebagai DPO. Para tersangka ini memiliki peran masing-masing.

"Peran Tersangka K yaitu Membawa mobil (menyiapakan sarana), melakukan pengawasan tehadap kondisi di luar rumah yang dilakukan pencurian dan menjual barang hasil curian. Peran tersangka S dan J (DPO) yaitu membawa beberapa obeng dan kunci L yang merupakan alat bantu melakukan pencurian, melakukan pengerusakan terhadap gembok pagar dan pintu rumah yang kondisi terkunci agar terbuka dengan menggunakan obeng dan kunci L dan melakukan pengambilan barang berharga dari isi dalam rumah yang dicuri," jelasnya.

Ia menjelaskan, kronologi penangkapan bermula saat Unit II Subdit 3 Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya telah melakukan penangkapan pada tanggal 01 Februari sekitar pukul 02.00 Wib terhadap Tersangka K di Jakarta Barat dan Tersangka S als A di Jakarta Utara yang diduga keras telah melakukan pencurian rumah yang dalam kondisi ditinggal pergi oleh pemiliknya (Rumsong).

"Para pelaku mengamati rumah yang tampak dari luar tidak berpenghuni dengan menggunakan mobil sebagai alat bantu, yang mobil tersebut juga merupakan barang hasil curian di sebelumnya (pada tanggal 15 Januari 2017 di Perum HTI, Jelambar, Jakarta Barat," bebernya.

Ketika melihat rumah yang dari luar tampak kosong, tersangka J (DPO) melakukan pengecekan terhadap penghuni yang berada dirumah dengan cara melakukan pemanggilan terhadap orang yang berada didalam rumah seperti memencet bel dan memukul-mukul gembok pintu gerbang.

"Ketika tidak ada respon dari dalam rumah tersebut, dapat diduga bahwa rumah terebut dalam kondisi tidak berpenghuni maka Tersangka S turun dari mobil dan membawa obeng berbentuk pipih pada ujungnya dan kunci L dan menghampiri pintu gerbang yang terlihat di gembok. Kemudian tersangka s dengan kunci L yang dibawanya melakukan pengerusakan terhadap kunci gembok yang terpasang pada pintu pagar dan pintu rumah yang terkunci tersebut dan mencari barang berharga yang dapal diambil dan dalam rumah yang kondisi tak berpenghuni tersebut. Dan Tersangka K yang berada dimobil melakukan pengawasan terhadap kondisi diluar rumah," paparnya.

Dalam melakukan pencurian tersebut pelaku hanya membutuhkan waktu sekitar 15(ima belas) menit untuk membawa barang pencurian dari isi rumah tersebut. Diantaranya Gitar elektrik dengan merk Godin berwarna cokelat berikut soft case merk Godin berwarn hijau, 1(satu) buah electronic piano merk Roland RD 700 SX warna hitam, 1 (satu) buah TV berukuran 42 inchi merk Samsung 1 (satu) buah I Pad.

"Selain itu pelaku juga mencari perhiasan dan uang dollar senilai 1.000 USD dan memasukkan barang-barang hasil curian tersebut ke dalam mobil tersangka," jelasnya.

Setelah dilakukan penangkapan terhadap pelaku di temukan 1 unit mobil Honda Freed warna putih yang digunakan para pelaku sebagai alat bantu kejahatan, Dan diketahui bahwa kendaaraan tersebut juga merupakan barang hasil kejahatan pencurian di salah satu rumah Komp THI Blok GG, Kel. Jelambar Baru, Kota Jakarta Barat pada tanggal 15 Januari 2017. Adapun barang-barang selain mobil yang berhasil dicuri oleh pelaku kala itu yaitu satu buah Laptop, satu buah TV merk Sharp, satu buah DVD, uang Tunai senilai Rp10.000.000.[jat]

 
Embed Widget

x