Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 September 2017 | 00:48 WIB

DKI 'Sebar' Truk Sampah ke Depok, Bogor dan Bekasi

Oleh : Ivan Setyadhi | Jumat, 17 Februari 2017 | 14:42 WIB
DKI 'Sebar' Truk Sampah ke Depok, Bogor dan Bekasi
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup meminjamkan puluhan truk sampah ke daerah penyangga Ibukota seperti Depok, Bekasi dan Bogor.

"Hari ini kami pinjam pakaikan 20 unit truk sampah tahun pengadaan 2013 yang kondisinya sangat baik dan sangat layak operasi," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji, Jumat (17/2/2017).

Rinciannya 10 unit untuk Kota Depok, 5 unit untuk Kota Bekasi dan 5 unit untuk Kabupaten Bogor.

"Tahun lalu, kami juga sudah pinjam pakaikan 50 unit truk sampah untuk Kota Bekasi," sambungnya.

Adji melanjutkan, kerja sama yang baik dengan daerah penyangga ibu kota akan menjamin pengelolaan sampah di Ibukota dan sekitarnya semakin baik.

Perjanjian pinjam pakai ini sesuai dengan ketentuan Permendagri 19 tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah. Jangka waktunya 5 (lima) tahun dan dapat diperpanjang 1 (satu) kali. Selama masa pinjam pakai, peminjam dapat mengoperasikannya dan melakukan perawatan atas truk sampah tersebut.

Kedepannya, secara bertahap truk sampah di Jakarta akan beralih menggunakan truk sampah jenis Compactor yang tertutup. "Seperti kota-kota besar dunia," ungkapnya.

Secara teknis Truk sampah jenis Compactor adalah truk sampah ramah lingkungan yang dilengkapi sistem pemadatan dan tertutup.

Selanjutnya, truk-truk sampah jenis typer/dump truck yang terbuka dan kondisinya masih sangat layak operasi dapat dipinjampakaikan ke daerah penyangga Ibukota. [ton]

Tags

 
Embed Widget

x