Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 23 Juni 2017 | 08:36 WIB

Ahok Sebut Normalisasi Cara Paling Ampuh

Oleh : Ivan Setyadi | Jumat, 17 Februari 2017 | 14:08 WIB
Ahok Sebut Normalisasi Cara Paling Ampuh
Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menegaskan normalisasi sungai merupakan cara terbaik untuk menanggulangi permasalahan banjir di Jakarta.

"Itu makanya yang pasti, kalau enggak normalisasi sungai, ya enggak mungkin (permasalahan musibah banjir diselesaikan)," ujar Ahok di Balai Kota Jumat, (17/2/2017).

Namun, selaku pemerintah daerah, Pemprov DKI, yang bertanggungjawab untuk membebaskan lahan di kawasan bantaran sungai, tidak bisa secara instan menyediakan lahan untuk.

Pemprov DKI perlu membangun rumah-rumah susun terlebih dahulu sebagai tempat relokasi warga yang rumahnya harus dibongkar.

"Sekarang kita kan butuh waktu, butuh bangun rumah susun. Kita pindahkan (warga) ke rumah susun saja masih dikritik kok. Kita butuh tiga tahun melatih orang pindah ke rumah susun," ungkapnya.

Masalah belum selesai karena pembangunan rumah susun terkendala dengan pekerjaan yang tidak sesuai.

"Bangun rumah susun juga butuh kontraktor. Kontraktor jelek, kamu juga mesti coret. Masa satu tahun langsung perbaikan?," tandasnya.

Menurut Ahok, pelaksanaan normalisasi sungai secara teknis dilakukan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC). Caranya yakni memperlebar dan memperkuat serta meninggikan bagian bantaran sungai. Dapat mencegah air meluap ke daratan sebelum sampai ke hilir atau ke laut.[jat]

 
x