Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 18 Agustus 2017 | 10:08 WIB

Cegah Banjir, Ahok Akan 'Ratakan' Bantaran Sungai

Oleh : Ivan Setyadhi | Kamis, 16 Februari 2017 | 22:12 WIB
Cegah Banjir, Ahok Akan 'Ratakan' Bantaran Sungai
Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama ingin setiap bidang tanah di pinggiran sungai-sungai Jakarta bisa dibebaskan.

Adapun proyek dilaksanakan pemerintah pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), sebuah lembaga di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU Pera). Selaku pemerintah daerah, Pemerintah Provinsi DKI bertanggungjawab atas pembebasan lahan.

"Pokoknya semua (pinggiran sungai dinormalisasi). Saya sudah bilang sama orang Jakarta, kalian tinggal di belakang sungai, kamu hitung saja (harga) tanah kamu nih," ujar Ahok, Kamis (16/2/2017).

Normalisasi dilakukan dengan mengembalikan lebar sungai ke ukuran yang dianggap optimal. Ini artinya, bila ada bangunan di pinggir sungai, bangunan itu harus dibongkar.

"Atau kalau kamu mau beli tanah, kamu beli tanah yang di belakang sungai. Yang pas (pada jalur) jalan inspeksi nanti pasti jadi mahal karena kami enggak mungkin setop. Kami akan terus lakukan normalisasi," ungkapnya. [ton]

 
x