Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 Juli 2017 | 01:46 WIB

Imigrasi Jakbar Tangkap 35 Warga Negara India

Oleh : Adedani Setiawan | Rabu, 25 Januari 2017 | 15:58 WIB
Imigrasi Jakbar Tangkap 35 Warga Negara India
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat berhasil menangkap sedikitnya 35 warga negara India. Puluhan warga asing tersebut diduga telah melakukan tindak pidana keimigrasian.

Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Barat Abdul Rahman menceritakan pada hari Senin (16/1) pihaknya tengah melakukan pemeriksaan terhadap orang asing yang berada di wilayahnya.

"Alhasil kami menemukan 8 warga negara India yang tidak dapat menunjukkan dokumen keimigrasian yang dimilikinya," ujar Abdul di kantornya, Rabu (25/1/2017).

Abdul menambahkan, pihaknya langsung melakukan pemeriksaan terhadap kedelapan warga India tersebut.

"Setelah kami lakukan pemeriksaan, kami memperoleh informasi bahwa paspor mereka sedang berada di tangan seorang warga negara India lainnya berinisial MAL untuk pengurusan visa bekerja ke Malaysia, Singapura, Kanada, Selandia Baru, Jepang dan Eropa," ucapnya.

Mendapat informasi tersebut, pihak Imigrasi langsung melakukan pencarian dan penangkapan terhadap MAL.

"Dari keterangan MAL, kami berhasil mengamankan KS dan AN," tuturnya.

Dari keterangan tiga orang tersebut, lanjut Abdul, pihaknya berhasil mengamankan 35 warga negara asing asal India yang berusia antara 24 sampai 45 tahun.

"Orang asing yang diduga akan diberangkatkan ke negara ketiga dikenakan biaya antara USD1.000 hingga USD3.500 oleh kelompok ini," ulasnya.

Selain itu, Imigrasi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa uang, paspor, telepon genggam, EDC, dan Sertiiikat Pendidikan.

Atas perbuatannya, puluhan orang tersebut dijerat dengan Pasal 120 Undang-undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. [rok]

Tags

 
Embed Widget

x