Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 28 Juli 2016 | 17:26 WIB
Hide Ads

Ragunan akan jadi Kebun Binatang Internasional

Oleh : Ajat M Fajar | Minggu, 21 September 2014 | 05:33 WIB
Ragunan akan jadi Kebun Binatang Internasional
inilahcom
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana mengubah Taman Margasatwa Ragunan (TMR) bertaraf internasional. Hal ini untuk menarik minat pengunjung yang lebih banyak.

"Di usia yang ke-150 tahun, koleksi satwa TMR diharapkan dapat terus bertambah dengan kondisi yang sehat disertaipelayanan berkualitas kepada pengunjung," ujar Sekretaris Daerah DKI Syaefullah, Sabtu (20/9/2014).

Menurutnya, selama 150 tahun, TMR yang memiliki luas 140 hektare dan 2.000 koleksi satwa telah menjadi wadah konservasi pelestarian alam fauna dan flora, edukasi, penelitian, ruang terbuka hijau (RTH) dan serapan air di ibu kota.

Syaefullah menjelaskan TMR dalam operasionalnya berada di bawah Badan Pelayanan Daerah. Setiap tahunnya mendapat subsidi Rp70 miliar dari Pemprov DKI dan mematok harga tiket masuk Rp4.500 untuk dewasa dan Rp3.500 untuk anak-anak.

Kepala Taman Margasatwa Ragunan, Marsiwity Gumay menjelaskan di usia 150 tahun TMR tetap masih harus berbenah di antaranya memperbaiki kandang satwa yang diakuinya sudah ketinggalan zaman.

"Perbaikan kandang sudah sangat mendesak agar para satwa dapat nyaman tinggal di dalamnya," ujarnya.

Wiwid juga bermaksud menambah koleksi spesies satwa di TMR. Jika ada salah satu jenis hewan yang berjumlah banyak di TMR, maka akan ditukar dengan koleksi dari kebun binatang lain sehingga dapat kian beragam.[jat]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget

x