Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 27 Juli 2016 | 00:55 WIB
Hide Ads

Inilah Narkoba & Sajam Ditemukan di Unas

Oleh : Bayu Hermawan | Kamis, 14 Agustus 2014 | 15:58 WIB
Inilah Narkoba & Sajam Ditemukan di Unas
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto mengatakan, petugas kepolisian menemukan sejumlah barang bukti Narkoba dan senjata tajam di area kampus Universitas Nasional.

Rikwanto mengatakan penemuan sejumlah Narkoba dan senjata tajam berawal ketika Polres Jakarta Selatan dan Polsek Pasar Minggu melakukan pengamanan terhadap aksi unjuk rasa mahasiswa menentang kebijakan dari rektor Unas.

"Sebelumnya pada Senin (11/8/) lalu, seorang mahasiswa bernama Muhammad Hakim (29) diamankan karena melakukan pengrusakan dan pembakaran 7 buah spanduk universitas, saat menolak rencana pihak kampus memberlakukan jam malam, ia dianggap melanggar Pasal 170 KUHP," ujarnya, Kamis (14/8/2014).

Unjuk rasa sekelompok mahasiswa Unas kembali digelar pada hari Rabu (13/8/2014) kemarin. Dalam tuntutannya mereka meminta kawan mereka yang ditahan dikeluarkan, dan mereka tetap dibiarkan menginap di kampus, sementara aturan kampus yang boleh melarang hal tersebut.

"Rabu malam sekitar pukul 22.25 WIB, 50 mahasiswa yang menggelar unjuk rasa satu persatu mulai membubarkan diri. Kemudian sekitar pukul 22.30 WIB, petugas gabung dari Polres dan Polsek melakukan koordinasi dengan pihak Rektorat Unas untuk masuk kedalam kampus, karena sebelumnya ada informasi ditemukan molotov, senjata tajam dan ganja," jelasnya.

Pihak Rektorat Unas kemudian mendukung apa yang dilakukan oleh petugas, dan penyisiran kampus pun dimulai sejak pukup 22.30 WIB. Hasil dari penyisiran petugas menemukan lima batu ganja seberat 5 kg dan satu kantong plastik paketan ganja siap edar dari ruang senat mahasiswa.

Kemudian di ruang FISIP, petugas menemukan alat hisap sabu (bong) dan alumunium foil. Petugas juga menemukan 4 botor molotov di semak-semak bambu, satu linting ganja dan dua buah parang di Gedung Serba Guna.

"Di ruang serbaguna ditemukan botol-botol miras kosong, 1 botol aqua berisi bensin. Kemudian di belakang gedung olah raga dan ruang Senat, ditemukan 2 buah bong, jarum suntik, cangklong, kertas alumunium foil, sejata tajam jenis Mandau, plastik kosong untuk paketan putau, lintingan ganja, botol-botol minuman dan timbangan," jelasnya.

Penyisiran petugas di ruang senat juga ditemukan berbagai senjata tajam seperti kapak, samurai, pisau, bong, satu pake ganja dan dua timbangan elektronik. Sementara di basement kampus petugas menemukan 60 cm.

"Kapolres Jakarta Selatan yang hadir di tempat kejadian langsung menggelar rapat dengan pihak Rektorat yang dihadiri oleh Wakil Purek 1 untuk menentukan langkah selanjutnya. Petugas menghentikan kegiatan sekitar pukul 04.00 WIB," katanya.

Saat ini petugas masih melakukan penyidikan terhadap kepemilikan barang-barang tersebut. Rikwanto melanjutkan, ada informasi yang mengatakan jika di Kampus Unas memang ada kelompok yang melakukan pengedaran Narkoba.

"Kelompok tersebut sering menentang setiap kebijakan rektor. Kemudian pada malam hari di dalam kampus sering digunakan transaksi Narkoba, prostitusi dan lain-lain. Kelompok ini tidak mau meninggalkan ruangan-ruangan penyimpanan barang bukti dan selalu bertahan dan menginap di ruang tersebut, yang ternyata menjadi tempat penyimpanan Narkoba," tandasnya.[bay]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget

x