Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 14 November 2018 | 07:51 WIB

Jalan Tol Depok - Antasari Segera Dibangun

Oleh : Bayu Hermawan | Kamis, 8 Mei 2014 | 17:16 WIB

Berita Terkait

Jalan Tol Depok - Antasari Segera Dibangun
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Setelah sempat tertunda, akhirnya proyek pembangunan Tol Depok-Antasari (Desari) diresmikan. Jalan tol itu nantinya akan menghubungkan wilayah Jakarta, Depok dan Bogor.

Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Djoko Murjanto mengatakan, pembangunan jalan tol itu bertujuan untuk mengatasi kemacetan di jalur-jalur yang menjadi pintu masuk ke wilayah DKI Jakarta.

"Ini adalah tahap pertama untuk pembangunan tol yang menghubungkan Antasari hingga Sawangan," ujarnya dalam peresmian pembangunan, Kamis (8/5/2014).

Djoko melanjutkan, proyek jalan tol ini merupakan bukti kepada masyarakat, bahwa proses pembebasan lahan yang telah dilakukan sekitar tujuh tahun adalah untuk kepentingan publik.

"Jangan sampai ada pandangan dari masyarakat, pembebasan tanah ini digunakan untuk kepentingan swasta. Penambahan jalan beriringan dengan usaha pemerintah yang dalam waktu sama juga melaksanakan pengadaan transportasi massal," jelasnya.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan upaya pembebasan tanah untuk pembangunan tol tahap kedua. Dengan adanya tol ini, Djoko berharap kemacetan dari sekitar Jalan Fatmawati, TB Simatupang, Antasari dan sekitarnya, bisa berkurang.

Jalan tol Antasari-Depok-Bogor ini akan membentang sepanjang 21,5 kilometer. Untuk tahap pertama dari Antasari-Sawangan dibangun sepanjang 12 kilometer. Dana investasi secara keseluruhan ditahap pertama mencapai Rp 3,4 triliun yang terdiri dari pembebasan lahan dan biaya konstruksi. Ditargetkan awal 2016, tol tahap pertama sudah bisa dioperasikan.[bay]

Komentar

Embed Widget
x