Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 Juli 2016 | 05:18 WIB
Hide Ads

Dana Hibah

Cegah Banjir, DKI Beri Rp45 M ke Daerah Penyangga

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Rabu, 4 Desember 2013 | 13:15 WIB
Cegah Banjir, DKI Beri Rp45 M ke Daerah Penyangga
inilah.com/Wirasatria
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan dana hibah sebesar Rp45 miliar dalam Rancanagan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD), untuk diberikan ke daerah penyangga Ibukota, terkait penangganan masalah banjir di Jakarta.

Plt Kepala Bappeda DKI Sarwo Handayani mengatakan, dana hibah yang disalurkan dalam Badan Kerja Sama Pemerintah (BKSP) Jabodetabek diberikan kepada Pemkot Tangerang, Pemkab Tangerang, Pemkot Tangerang Selatan, Pemkot Depok, Pemkot Bekasi, Pemkab Bekasi, Pemkot Bogor dan Pemkab Bogor.

Ia melanjutkan, dana hibah tersebut untuk memperbaiki kondisi daerah aliran sungai di wilayah hulu di daerah penyangga Ibukota. Juga untuk membeli lahan bangunan yang dibangun di DAS, membongkar bangunan di tepian DAS, dan pembuatan daerah resapan biopori di daerah permukiman, serta lain-lain.

Sementara terkait rencana Wagub DKI Jakarata Basuki Tjahaja Purnama untuk membeli lahan di kawasan Depok yang akan dijadikan daerah resapan, Handayani mengatakan hal itu belum dapat dimasukkan ke dalam RAPBD DKI 2014.

Menurutnya karena saat ini, belum diketahui lokasi yang tepat untuk dibangun waduk atau embung.

"Lahan yang akan dijadikan waduk belum diketahui persis dimana lokasinya. Jadi, kita tidak memasukkan anggaran di dalam RAPBD DKI 2014. Soalnya, kalau tetap dimasukkan akan berpotensi menjadi SiLPA atau kelebihan anggaran pada tahun 2014," jelasnya.

Seperti diketahui, sejak tahun 2010, Pemprov DKI memberikan hibah untuk penanganan banjir di beberapa kabupaten/kotamadya di daerah sekitar Jakarta melalui Badan Kerja Sama Pembangunan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cianjur (Jabodetabekjur).

Pada tahun 2010 Pemprov DKI memberikan dana hibah sebesar Rp 25 miliar untuk sembilan pemerintah daerah yang menjadi daerah penyangga DKI Jakarta. Dana hibah ini untuk pengembangan di bidang kesehatan, pendidikan, kebersihan, sinkronisasi tata ruang kawasan Jabodetabekjur, pengendalian banjir, dan pengelolaan sampah.

Kesembilan daerah penerima hibah ini adalah Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupetan Tangerang, Kota Tangerang, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Kabupaten Cianjur masing-masing Rp 3 miliar. Sedangkan Kota Tangerang Selatan mendapat hibah Rp 1 miliar.

Lalu pada tahun 2011, untuk mengembangkan wilayah minta DKI Jakarta, kawasan Jabodetabekjur, Pemprov DKI menggelontorkan dana hibah sebesar Rp 45 miliar kepada pemeritah daerah (pemda) yang menjadi mitra Pemprov DKI Jakarta tersebut.

Dana hibah diberikan untuk pengembangan daerah mitra dengan komposisi 70 persen di bidang transportasi, sumber daya air, tata ruang dan lingkungan hidup serta 30 persen di bidang pertanian, pendidikan, kesehatan, dan industri pergudangan.

Selama dua tahun terakhir ini, jumlah dana hibah untuk pemerintah daerah di kawasan Bodetabek tetap sama dengan jumlah yang dialokasikan pada tahun 2011, yaitu Rp 45 miliar. Begitu juga di tahun 2014, tetap dianggarkan sebesar Rp 45 miliar.[bay]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget

x