Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 31 Agustus 2016 | 00:04 WIB
Hide Ads

Gambang Orkestra Jadi Pelestarian Budaya Betawi

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Rabu, 4 Desember 2013 | 03:37 WIB
Gambang Orkestra Jadi Pelestarian Budaya Betawi
ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pertunjukan seni perpaduan antara Gambang Kromong dan Orkestra modern menjadi hiburan yang menarik dinikmati. Lebih dari itu, kolaborasi kedua jenis musik yang berbeda massa itu termasuk bentuk pelastarian budaya Betawi di era modernisasi.

Seperti yang terlihat dalam pementasan Pagelaran Gambang Orkestra di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Senin (2/12/2013) malam lalu. Kesenian gambang kromong yang dibawakan melalui orkestra menjadi hiburan masyarakat Ibukota.

Beberapa lagu ciptaan musisi legendari asal Betawi, alm Benyamin Sueb yang diaransemen ulang dan dipadukan aliran musik rock, jazz maupun blues menyuguhkan sesuatu yang berbeda. Kualitas penyanyi jadi pembuktian.

Komproser Orkestra Chandra Buana, Jassin Burhan mengatakan, penampilan penyanyi dalam gambang orkestra cukup menentukan. "Kemampuan sang penyanyi dibutuhkan dalam event ini," kata Jassin.

Lebih lanjut, Jassin mengatakan, meski pembawaan pertunjukan dilakukan secara orkestra namun, apa yang disajikan merupakan perwujudan dari pelestarian budaya lokal, dalam hal ini budaya Betawi.

"Kita berterimakasih kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI yang telah mendukung pertunjukan ini. Para pekerja seni mendapat kesempatan yang baik menampilkan kemampuan terbaiknya menghibur masyarakat," kata Jassin Burhan.

Sementara itu Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Ahmad Ghozali menegaskan, pagelaran Gambang Orkestra di TIM beberapa waktu lalu, merupakan upaya pelestarian kesenian Betawi yang telah diintruksikan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi).

Tak hanya itu, melalui pertunjukan kesenian Betawi ini, Pemerintah Provinsi memberikan apresiasi terhadap para seniman Betawi yang sudah lama eksis.

"Pentas Gambang Orkestra ini tujuannya untuk mengapresiasi para seniman Betawi. Juga memenuhi amanat UU No 29 Tahun 2007 tentang Pemerintah DKI Jakarta sebagai ibukota yang memiliki kewajiban membina seni budaya Betawi dan kesenian lain dari luar daerah," ucap Ghozali.

Lebih lanjut Ghozali menambahkan, sebagai event yang bertujuan melestarikan kesenian asli daerah, makan pihaknya akan menjadikan kegiatan ini sebagai agenda rutin untuk memberi kesempatan kepada para aktifis seni budaya Betawi.

Seperti diketahui, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI sukses menggelar pertunjukan Gambang Orkestra di Gedung Theater Besar TIM, Senin (2/12/2013) lalu. Dalam ajang tersebut turut menampilkan sejumlah seniman besar, diantaranya Adi Bing Slamet, Widhi AB Three, Ajul 'Jiung', Zee Zee Shahab dan mantan Vokalis Edane Ecky Lamoh.[jat]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

Embed Widget

x