Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 4 Maret 2015 | 11:18 WIB
Hide Ads

Konsultasi KHL ke Mega

Jokowi Jadi Boneka Politik Megawati?

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Senin, 21 Oktober 2013 | 20:05 WIB

Berita Terkait

Jokowi Jadi Boneka Politik Megawati?
Gubernur DKI Jakarta Jokowi dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri - inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Sikap Gubernur DKI Jakarta Jokowi yang berkonsultasi mengenai Kebutuhan Hidup Layak (KHL) buruh kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mendapat sorotan. Pasalnya, penetapan KHL buruh adalah kebijakan pemerintah yang seharusnya tidak dicampur dengan politik partai.

"Penetapan KHL dalam hal ini adalah kebijakan Pemprov DKI yang seharusnya didiskusikan bersama DPRD DKI, buruh, dan SKPD terkait," kata Siti Zuhroh, peneliti senior Pusat Penelitian Politik LIPI, Senin (21/10/2013).

Menurutnya tindakan Jokowi berkonsultasi dengan Megawati sebagai pimpinan partai, tentu akan mendapat sorotan yang kritis karena partai erat kaitannya dengan tarik menarik kepentingan.

"Kader menginduk ke partai, itu tak perlu dipertanyakan lagi. Masalahnya, apa petunjuk dari pimpinan partai itu positif atau sebaliknya? Yang dipermasalahkan, jika petunjuk itu tidak positif pada pembangunan di DKI," kata Siti.

Dikatakannya, Jokowi sebagai pimpinan di Pemprov DKI, seharusnya membahas masalah KHL dengan DPRD DKI dan SKPD terkait. "Agar lembaga-lembaga di lingkungan Pemprov DKI merasa diorangkan. Itu bagian dari mereformasi birokrasi di Pemprov DKI," jelasnya.

Siti pun tak mau terlalu menanggapi anggapan yang menyebut Jokowi adalah boneka politik Megawati. Menurutnya hal tersebut adalah urusan internal dari PDIP sendiri.

"Itu urusan dapur PDIP. Perkara dia (Jokowi) anak emas, menginduk, atau apa, itu urusan Jokowi dan PDIP. Yang perlu diintervensi, kalau ada kebijakan-kebijakan yang tidak benar. Sekarang ini urusannya bagaimana agar rakyat dibawah pemerintahan Jokowi bisa lebih nyaman, maju, tidak banjir, pelayanan publik prima, dan transportasinya lebih bagus," tandasnya.

Seperti diketahui, hari ini Jokowi menyambangi kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar, Menteng Jakarta Pusat, untuk membahas KHL 2014. Megawati pun hari ini berkunjung ke sebuah pabrik di Tangerang untuk melakukan pertemuan dengan para buruh.[dit]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.