Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 29 Mei 2015 | 16:56 WIB
Hide Ads

68 Rumah Warga di Sisi Barat Waduk Pluit Dibongkar

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Kamis, 22 Agustus 2013 | 17:25 WIB
68 Rumah Warga di Sisi Barat Waduk Pluit Dibongkar
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai bangunan yang berada di sisi barat bantaran Waduk Pluit, Jakarta Utara. Sebanyak 68 rumah warga yang ada di area waduk itu, hari ini dibongkar oleh petugas gabungan.

Proses pembongkaran puluhan rumah di sisi barat Waduk Pluit sempat diwarnai kericuhan. Sebab, ternyata masih ada beberapa kepala keluarga yang menolak rumahnya digusur. Bahkan, warga yang menolak sempat barikade di depan jalan masuk, dengan meletakan batu, seng, potongan kayu dan ban yang siap dibakar, jika petugas nekat melakukan pembongkaran.

Namun demikian, karena kalah jumlah akhirnya warga tidak bisa menghalangi petugas yang melakukan pembongkaran. Koordinator Normalisasi Waduk Pluit, Heryanto mengatakan hanya sebagian kecil saja warga yang menolak rumahnya dibongkar, karena lebih dari 90 persen warga sudah dan siap direlokasi.

"Warga sudah mau ditertibkan kok, bahkan kemarin beberapa merapihkan sendiri rumahnya dan mau direlokasi ke Rusun Angke, Cengkareng, dan Marunda. Yang menolak itu cuma ada 3 KK karena kepentingan mereka yang punya kontrakan dan pengepulan sampah jadi hilang," tegasnya, Kamis (22/8/2013).

Ia melanjutkan, 200 warga yang hari ini rumahnya digusur selanjutkan akan dipindah ke tiga rusun yang telah disediakan. Usai penertiban rencananya di lokasi itu akan langsung dikembangkan sebagai taman waduk. Selain itu, taman itu juga akan dilengkapi akses alat-alat berat yang digunakan untuk normalisasi.

"Saya berharap proses pembongkaran bisa rampung sore ini, tapi kalau memang tidak selesai, akan kita lanjutkan besok," katanya.

Heryanto menambahkan dalam pembongkaran hari ini sebanyak 500 personel Satpol PP dan 200 personel kepolisian dikerahkan. Selain itu, petugas juga menggunakan 3 backhoe untuk menghancurkan bangunan semi permanen warga.[bay]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.