Rabu, 23 April 2014 | 15:02 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Tolak Direlokasi
Warga Waduk Ria Rio Tuding Jokowi Ingkar Janji
Headline
Gubernur DKI Jokowi - inilah.com
Oleh: Wahyu Praditya Purnomo
metropolitan - Kamis, 22 Agustus 2013 | 15:30 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Rencana penggusuran warga bantaran Waduk Ria Rio mendapat penolakan warga setempat. Mereka menilai Gubernur DKI Jokowi telah mengingkari janjinya yang memperbolehkan warga tetap tinggal di bantaran waduk.

Dengan alasan itulah, sekitar ratusan warga Pedongkelan RT 6 dan RT7 RW 15, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur tersebut bersikeras bertahan dikawasan yang telah didiaminya selama puluhan tahun tersebut.

Bahkan warga tidak setuju dengan pemberian konpensasi yang diberikan PT Pulomas Jaya selaku pemilik areal waduk sebesar Rp 1 Juta per KK. Mereka menganggap angka itu tidak layak. Abdulah (64) mengatakan, saat kebakaran di kampung Pedongkelan, Gubernur Jokowi pernah berjanji tidak akan menggusur.

"Saya tanya, pak ini bakal digusur gak? Boleh gak kami membangun lagi? Pak Jokowi bilang silakan saja bangun lagi," katanya.

Keberatan warga untuk pindah juga dikerenakan besarnya biaya pembangunan rumah baru yang telah dikeluarkan pasca kebakaran. Biaya tersebut tak sebanding dengan biaya ganti rugi, atau kompensasi yang diberikan Pemprov DKI sebesar Rp.1 juta.

"Kalau cuma Rp 1 juta, saya mau tinggal di mana, katanya disuruh ngontrak, yang wajar-wajar ajalah saya disini sudah punya rumah kok suruh ngontrak," ungkap Rini, warga lainnya.

"Kenapa Jokowi enggak nepatin janjinya sih, kemana omongannya? Sebagai pemimpin harusnya bisa dong pegang omongan," lanjutnya.

Seperti diketahui, rencananya Waduk Ria Rio akan dikembangkan oleh pemilik areal, PT Pulomas Jaya, sebagai kawasan pengendali banjir dan ruang terbuka hijau. Waduk seluas 7 hektar itu akan dioptimalkan sebagai muara sejumlah saluran air di kawasan Pulomas, yang kemudian airnya dipompa ke Kali Sunter.[bay]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.