Rabu, 23 April 2014 | 19:13 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Ini Hasil Lelang Jabatan Lurah dan Camat
Headline
ist
Oleh: Ahmad Farhan Faris
metropolitan - Kamis, 13 Juni 2013 | 13:49 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Tim seleksi lelang jabatan untuk posisi lurah dan camat di DKI Jakarta, telah selesai melakukan uji kompetensi manajerial. Selama satu bulan, sejak 7 Mei hingga 15 Juni, 52 orang tim assessor melakukan pengujian terhadap ratusan orang yang ingin menjadi lurah dan camat di Jakarta.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DKI Jakarta, I Made Karmayoga mengatakan proses penyeleksian ini cukup melelahkan. 52 orang assessor melakukan uji kompetensi manajerial terhadap 1.156 orang yang mendaftar, dengan menggunakan metodologi profesional serta transparan.

"Assessor semua kemampuannya teruji untuk menjaga dan mengawal ini supaya sesuai dengan harapan, namun hasilnya diumumkan oleh koordinator dari Mabes Polri," katanya, di Jakarta, Kamis (13/6/2013).

Sementara Kabag Penilaian, Kompetensi, Biro Bina Karir SDM Mabes Polri, Kombes Untung Leskono, mengatakan dari 1.156 orang yang mendaftar, 167 orang tidak lolos persyaratan administratif. Sementara sebanyak 989 peserta hadir untuk mengikuti uji kompentesi, sedangkan 37 orang atau sekitar 4 persen tidak hadir.

"Untuk peserta uji kompetensi manajerial Camat yang hadir ada 287 orang, tidak hadir ada 5 orang atau 2,5 %, dan untuk Camat definitif di lingkungan Pemprov DKI Jakarta hadir semua. Sedangkan untuk Lurah ada 670 orang yang hadir, tidak hadir 32 orang atau 4,5%," jelasnya.

Dari uji kompentensi itu diketahui dari 287 orang yang mengikuti lelang jabatan untuk posisi camat, ada tujuh orang yang memiliki nilai melebihi tuntutan jabatan atau baik sekali (memuaskan), atau sekitar 2,5 persen.

"Sementara untuk posisi jabatan lurah dari 670 orang yang ikut ada 71 orang yang mendapatkan nilai memuaskan atau 11 persen, di tengah-tengah itu hasil memenuhi syarat, kemudian dibawah itu pada saat ini belum memenuhi syarat," jelasnya.

Untung melanjutkan, dari hasil uji kompetensi juga diketahui, dari 287 orang yang mendaftar sebagai camat, ada 54 persen atau 153 orang yang tidak memenuhi syarat (tidak lulus), sedangkan untuk posisi lurah dari 670 orang, 34 persen atau 341 orang tak memenuhi syarat.

"Ini uji kompetensi manajerial ya, nanti masih ada uji tindaklanjut di wilayah Pemprov DKI. Tugas kami hanya uji kompetensi manajerial," ucap dia.

Ia menjelaskan, uji materi yang dilakukan dalam tahap seleksi ini diantaranya psikometri (psikologi), presentasi jabatan yang diikuti, leadership discussion grup (LDG) dan interview.[bay]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.