Minggu, 26 Oktober 2014 | 02:39 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Mencegah & Atasi Struk Secara Alamiah
Headline
(Foto : istimewa)
Oleh: Suyadi
metropolitan - Senin, 10 Juni 2013 | 16:14 WIB
Berita Terkait

STRUK adalah penyakit yang banyak ditakuti orang. Namun sebenarnya gangguan struk bisa dicegah dengan mengkonsumsi menu makanan sehat, yaitu yang dimasak dengan takaran yang tepat.

Di antaranya ada beberapa tips mudah mencegah dan mengatasi serangan struk.

1. Bawang bombai dan bawang putih masing-masing secukupnya direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 300 cc. Airnya diminum dua kali sehari masing-masing pagi dan sore hari dan bawangnya dimakan.

2. Bisa juga 300 gram rumput laut che chai, dibuat masakan sup, atau masakan lain sesuai dengan selera, lalu dimakan. Lakukan secara teratur.

3. Terong ungu panjang dibuat tumis, atau masakan lain sesuai selera, lalu dimakan.

4. 300 gram umbi daun mahkota dewa dijadikan bubuk, lalu seduh dengan air panas. Minum sehari tiga kali yaitu pagi, siang dan sore, sekali minum 10 gram.

5. 30 gram daun mahkota dewa segar direbus ke dalam 600 cc air, hingga tersisa 300 cc. Kemudian airnya diminum sehari tiga kali.

6. Atau bisa juga 200 gram jantung pisang batu merah, direbus dengan air secukupnya, kemudian airnya diminum, dan jantungnya bisa dibuat masakan sesuai selera lalu dimakan. Lakukan secara teratur.

Untuk mengatasi/menyembuhkan struk karena tekanan darah tinggi atau pengerasan pembuluh darah, yaitu, biji wijen hitam secukupnya digiling menjadi bubuk, kemudian diseduh dengan air mendidih secukupnya dan selagi hangat diminum. Atau biji wijen hitam tersebut ditaburkan di atas makanan atau masakan, lalu dimakan secara teratur. Setiap kali makan sebanyak 10 gram dan lakukan secara teratur.

Untuk mencegah/mengatasi struk karena tekanan darah tinggi, yaitu 100-200 gram seledri kecil dijus tanpa menggunakan air, kemudian diminum, sehari tiga kali, sekali minum sebanyak 4 sendok makan. Lakukan secara teratur.

Disamping upaya di atas, hendaknya penderita struk yang disebabkan karena kolestrol tinggi, trigliserida tinggi, tekanan darah tinggi, atau kadar gula tinggi, menormalkan terlebih dahulu. Selain itu, hindari stres atau menjaga emosi agar keadaan stabil, serta lakukan latihan-latihan dengan fisioterapi.

Yang juga penting adalah melakukan rileksasi dengan segment massage untuk mengembalikan kelenturan otot dan kekenyalan pembuluh darah. Selain itu, sebelum mencoba salah satu cara di atas, sebaiknya lakukan pula konsultasi dengan dokter pribadi secara rutin.

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER