Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 2 Agustus 2015 | 13:18 WIB
Hide Ads

Inilah Penyebab Maraknya Narkoba di Indonesia

Oleh : Anton Hartono | Jumat, 19 April 2013 | 18:03 WIB
Inilah Penyebab Maraknya Narkoba di Indonesia
Kabag Humas BNN, Sumirat Dwiyanto - (Foto : istimewa)

INILAH.COM, Jakarta - Indonesia terbilang menjadi pangsa pasar terbesar bagi para bandar narkoba. Berdasarkan catatan Badan Narkotika Nasional (BNN) penyalahguna narkoba di Indonesia mencapai sekitar empat juta orang, namun yang menjalani rehabilitasi hanya sekitar 18 ribu pengguna.

Salah satu yang menjadi faktor penyebabnya adalah banyaknya permintaan dari para pengguna narkoba. Sehingga para sindikat melakukan segala cara untuk menyelundupkan dan memasarkan narkoba di Indonesia.

"Sejauh manusia berfikir, mereka (bandar narkoba) akan terus berupaya menyelundupkan narkoba ke Indonesia, karena masih banyak permintaan, apalagi harganya tinggi," ujar Kabag Humas BNN, Sumirat Dwiyanto, Jumat (19/4/2013).

Menurutnya, modus operandi yang digunakan para sindikat terus berubah-ubah untuk menghindari petugas. Sehingga upaya pemberantasan terus dilakukan bekerjasama dengan berbagai instansi.

"Kami berupaya berpikir bagaimana mereka melakukan penyelundupan-penyelundupan tersebut. Karena banyak penyelundupan narkoba dengan berbagai modus. Jadi kami terus melakukan peningkatan kewaspadaan," jelasnya.

Dari beberapa tersangka yang telah diamankan, melakukan penyelundupan narkoba dengan berbagai modus seperti menyembunyikan narkoba di dalam kompresor, menyembunyikan di lapisan koper bahkan ada beberapa tersangka yang menyelundupkan narkoba dengan cara ditelan menggunakan kapsul.

"Banyaknya permintaan, membuat para sindikat terus berupaya menyelundupkan narkoba dengan cara atau modus apapun," tandasnya.[bay]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.