Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Desember 2014 | 08:07 WIB
Hide Ads

Nilai Try Out Buruk, Siswa SD Dilarang Ikut UN

Oleh : Anton Hartono | Jumat, 19 April 2013 | 09:56 WIB

Berita Terkait

Nilai Try Out Buruk, Siswa SD Dilarang Ikut UN
ilustrasi - (Foto : inilah.com)

INILAH.COM, Jakarta - Seorang siswa SDN 01 Pondok Kelapa, Jakarta Timur bernama Muhammad Syfa Firdaus (12) dilarang mengikuti Ujian Nasional (UN) oleh pihak sekolah, lantaran nilai try out-nya selalu buruk.

Pihak sekolah beralasan, Syfa akan mengalami kesulitan mengerjakan soal-soal UN dan dikhawatirkan tidak akan lulus. Hal ini dikatakan Koni Setyowardhani, ibunda Syfa yang mengaku telah dipanggil oleh Kepala SDN 01 Pondok Kelapa, Sugiyarti terkait anaknya tersebut pada 5 April lalu.

"Sekolah menawrkan Syfa ikut ujian sekolah biasa saja dan dikategorikan sebagai siswa disable atau berkebutuhan khusus, tapi ijazah kelulusannya berbeda dengan siswa UN," kata Koni, orangtua Syfa, Jumat (19/4/2013).

Menurutnya, pihak sekolah meyakinkan anaknya akan lulus dengan mengikuti ujian sekolah biasa atau berkebutuhan khusus, namun ijazah yang diterimanya nanti berbeda dengan ijazah siswa yang lulus UN.

Tentu saja pihak orangtua Syfa tersinggung saat mendengar pernyataan dari pihak sekolah tentang anaknya tersebut. Terlebih lagi pihak sekolah meminta orangtua Syfa untuk menandatangani surat pernyataan di atas meterai Rp6000 yang menyebutkan bahwa walimurid mengetahui anaknya tidak mengikuti UN.

"Dalam surat pernyataan itu, menyebutkan orang tua tidak mengikutsertakan siswa untuk UN karena diyakini tidak akan lulus, tapi saya menolak," jelasnya.

Karena itu, pihak orang tua mengadukannya ke Suku Dinas Pendidikan Dasar (Dikdas) Jakarta Timur. Hasilnya, Syfa diperbolehkan mengikuti UN tingkat SD awal Mei 2013 mendatang.

"Setelah saya adukan ke Sudin Dikdas, keesokan harinya saya dan pihak sekolah dipertemukan. Akhirnya anak saya dibolehkan ikut UN susulan," ujarnya. [rok]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Login with