Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 1 Maret 2015 | 11:25 WIB
Hide Ads

Polsek Jagakarsa Gagalkan Jual Beli Uang Palsu

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 16 April 2013 | 21:05 WIB
Polsek Jagakarsa Gagalkan Jual Beli Uang Palsu
uang palsu - (Foto: inilah.com/ilustrasi)

INILAH.COM, Jakarta - Tim Serse Kriminal Polsek Jagakarsa berhasil menggagalkan transaksi jual beli uang palsu di Jalan Margasatwa, Jagakarsa, Jakarsa Selatan pada Minggu (14/4/2013). Dari pelaku petugas menyita puluhan juta uang palsu.

Kapolsek Jagakarsa, Kompol Muhammad Arsalam mengatakan, awalnya petugas mendapatkan informasi dari masyarakat dimana ada transaksi uang palsu di lokasi tersebut. "Begitu di lokasi, petugas langsung menyergap pelaku NR," kata Arsalam di Kapolsek Jagakarsa, Selasa (16/4/2013).

Arsalam melanjutkan, saat itu pelaku NR tengah menunggu transaksi uang palsu terhadap dua orang temannya inisial MR dan UJ. "Namun, temannya berhasil melarikan diri," ucapnya.

Kemudian, polisi langsung melakukan penggeledahan tersangka NR dan berhasil ditemukan uang palsu sebanyak Rp 54,2 juta. "Itu pecahannya uang seratus ribu rupiah," ujar Arsalam.

Selain itu, polisi juga melakukan penggeledahan di rumah tersangka tapi tidak ditemukan alat pencetak uang palsu dan tidak menemukan uang palsu. Menurutnya, berdasarkan keterangan pelaku mendapatkan uang palsu dari hasil penggadaian mobil Toyota Kijang yang diperoleh dari jual beli tanah.

"Nah duit gadai mobil itu ternyata palsu, kemudian begitu tahu palsu pelaku menyimpan uang tersebut karena takut," katanya.

pelaku memiliki rencana akan menjual uang palsu itu dengan harga perbandingan 2:1. Atas perbuatannya, pelaku bisa diijerat dengan Pasal 244 juncto pasal 245 KUHP tentang pengedaran uang palsu.

Sementara tersangka NR yang berprofesi sebagai pedagang sayur mayur mengaku pasrah menerima nasib yang dialaminya ini, namun ia tidak mengetahui uang palsu yang diterimanya tersebut. "Saya jual laos sayur mayur, saya pasrah aja mungkin begini nasibnya kali," tandasnya.[bay]

Berita Terkait Lainnya

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.