Find and Follow Us

Rabu, 24 April 2019 | 03:08 WIB

Perumahan Pondok Indah Banyak Jadi Tempat Usaha

Oleh : Ahmad Farhan Haris | Rabu, 20 Februari 2013 | 13:34 WIB
Perumahan Pondok Indah Banyak Jadi Tempat Usaha
Jalan area perumahan Pondok Indah - Ist

INILAH.COM, Jakarta - Kawasan perumahan elit Pondok Indah belakangan ini bukan hanya dijadikan tempat hunian saja, melainkan dijadikan tempat usaha atau perkantoran. Padahal, kawasan tersebut secara tegas dilarang untuk dijadikan tempat usaha maupun perkantoran.

Dari pantauan INILAH.COM, sepanjang Jalan Metro Pondok Indah dari Pondok Indah Mall (PIM) arah Lebak Bulus terlihat banyak sekali perumahan yang dijadikan tempat usaha atau perkantoran, di antaranya ada praktik dokter, spa salon, outlet baju dan pakaian serta perlengkapan bayi. Padahal, ada yang sudah diberi segel namun tetap saja toko itu dibuka.

"Jadi kami memang menerbitkan izin, hanya izin tersebut keluar setelah mendapat rekomendasi dari P2B dan Tata Ruang," kata Kepala Suku Dinas Perizinan Bangunan Jakarta Selatan, Luh Lely Ariestianti saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (20/2/2013).

Alurnya seperti ini, kata Lely, pemohon mengajukan izin ke Sudin Perizinan. Setelah itu, pihaknya akan meminta kepada P2B dan Tata Ruang untuk turun ke lapangan dan mengecek.

"Hasilnya, peruntukan wilayah tersebut untuk apa baru diajukan kepada kami dan kami mengeluarkan izin sesuai dengan rekomendasi P2B dan Tata Ruang tersebut, jika izinnya perumahan ya kami keluarkan perumahan. Jadi coba tanyakan ke P2B," terangnya.

Sementara dihubungi secara terpisah, Kepala Sudin P2B Jakarta Selatan, Dedi Widariaman mengatakan akan mengecek di lapangan bagaimana kondisi saat ini. "Kami tidak segan-segan menyegel jika memang terbukti tidak pas penggunaannya. Sanksi yang bisa kami berikan memang sebatas penyegelan," ucap Dedi.

Dikatakan oleh Dedi, terkait soal izin kalau kawasan tersebut izinnya (IMB) merupakan perumahan. Akan tetapi, kalau kemudian diperuntukkan sebagai tempat usaha maka itu menyalahi aturan. "Ya bisa kami segel lah," ujarnya.

Selain itu, Camat Kebayoran Lama, Budi Wibowo menegaskan bahwa usaha yang dilakukan oleh penghuni kawasan perumahan Pondok Indah itu tidak boleh dijadikan tempat praktik, salon, penjualan pakaian lainnya.

"Praktik, salon, apalagi jual beli pakaian buka outlet itu tidak boleh. Saya sudah ajukan ke P2B sebelumnya, kemudian itu kewenangan P2B dan P2B yang menindaklanjuti," tuturnya. [rok]

Komentar

Embed Widget
x