Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 25 Mei 2017 | 12:09 WIB

Kenali Penyakit Kanker dan Penyembuhannya

Oleh : Suyadi | Rabu, 6 Februari 2013 | 13:10 WIB
Kenali Penyakit Kanker dan Penyembuhannya
Ist
facebook twitter

KANKER adalah salah satu jenis penyakit yang sering mematikan. Namun demikian gangguan tersebut bisa dicegah dan sembuhkan.

Ada beberapa cara untuk pencegahan dan penyembuhan penyakit jenis ini.

1. Pengawasan/observasi. Beberapa jenis kanker tumbuh secara lambat dan mungkin tidak menimbulkan dampak negatif bagi si penderita selama beberapa tahun. Dalam kasus ini belum diperlukan tindakan pengobatan. Tetapi harus terus memonitor pasien secara intensif. Sehingga jika kanker mulai tumbuh dan membahayakan penderita segara dapat dilakukan tindakan pengobatan.

2. Dengan memberikan faksinasi. Mengatasi kanker dengan faksinasi masih dalam tahap permulaan dan masih dalam penelitian. Tujuannya adalah memfaksin orang yang sudah terkena kanker agar tidak terjangkit lagi. Faksinasi juga bisa diberikan kepada pasien yang kembali terkena setelah sebelumnya sembuh dari serangan kanker yang pertama.

Tetapi jika kanker sudah mulai membahayakan bagi penderitanya segeralah pergi kemedis. Dan biasanya akan dilakukan tindakan pengobatan berikut:

1. Operasi (surgery). Operasi dilakukan untuk mengangkat tumor pada organ tubuh tertentu. Biasanya operasi dilakukan jika kanker hanya terdapat di daerah tertentu, dan belum menyebar. Pembedahan juga kadang-kadang dilakukan pada beberapa kasus kanker yang telah menyebar ke bagian tubuh lain. Namun hal ini tidak lazim dilakukan.

2. Radio terapi menggunakan energi tinggi sinar X untuk menghancurkan sel kanker. Cara ini tidak menimbulkan dampak negatif yang berarti terhadap sel-sel normal di sekitarnya. Aplikasi radio terapi ditujukan di daerah yang terjangkit kanker. Tetapi ini harus direncanakan terlebih dahulu agar hasilnya akurat.

3. Kemoterapi (chemotherapy). Kemoterapi dilakukan dengan cara memberikan obat anti kanker (sitotosik) untuk menghacurkan sel-sel penyebab kanker.

Hingga saat ini terdapat lebih dari 50 jenis obat kanker. Baik dalam bentuk tablet, kapsul maupun cairan infus. Cara kerja obat-obatan ini adalah mengalir bersama darah keseluruh tubuh dan menghancurkan sel kanker di dalam tubuh. Kadang-kadang hanya satu jenis obat anti-kanker yang digunakan, tetapi tidak jarang digunakan juga dari kombinasi beberapa jenis obat anti kanker.

Kanker merupakan penyakit yang mematikan Karenanya kita mesti waspada jika timbul benjolan yang mencurigakan, dan segera periksakan ke dokter.

Tags

 
Embed Widget

x