Find and Follow Us

Rabu, 24 Juli 2019 | 15:58 WIB

Inilah Paparan Jokowi Upaya Tangani Banjir di DKI

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Kamis, 31 Januari 2013 | 14:58 WIB
Inilah Paparan Jokowi Upaya Tangani Banjir di DKI
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) - Inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Dalam rapat penanganan banjir di Gedung DPR RI, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) memaparkan upaya penanganan banjir yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

Menurut Jokowi, tahun 2013 Pemprov DKI fokus menangani masalah banjir dengan melakukan beberapa program. Di antaranya melakukan normalisasi sungai, pembebasan lahan di Cakung, dan pembuatan penampungan air di lima wilayah.

"Tahun ini kami bekerja baik menyangkut normalisasi sungai, kemudian kegiatan pembebasan lahan di Cakung, kemudian embung (tempat penampungan air) dan yang itu akan kami buat di lima wilayah," kata Jokowi, Kamis (31/1/2013).

Tak hanya itu, Jokowi juga mengusulkan normalisasi Kali Ciliwung membuat codetan di Kanal Banjir Timur, kemudian Kali Pesanggrahan, Angke dan Sunter, pembangunan waduk Ciawi dan Cimanggis serta rencana membangun sumur resapan.

"Khusus sumur resapan, tahun ini kami juga akan membangun sumur resapan minimal 20.000 dikerjakan dengan APBD, dan 10.000 dipaksa untuk dibangun oleh hotel, areal perumahan, dan lain-lain," ungkapnya.

Kemudian untuk pembangunan deep tunnel, Jokowi berharap dapat segera dikerjakan. "Paling tidak ada sebuah skenario untuk lari air apabila terjadi kayak kemarin, seperti jebolnya sebuah tanggul dan ini bisa dikerjakan oleh APBN, APBD, dan investor," tandasnya. [yeh]

Komentar

x