Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 November 2017 | 06:24 WIB

Pemalsu KTP untuk Calon TKI Dibekuk

Oleh : Anton Hartono | Selasa, 22 Januari 2013 | 19:51 WIB
Pemalsu KTP untuk Calon TKI Dibekuk
inilah.com/Wirasatria
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Petugas Polres Jakarta Timur menangkap seorang pelaku pembuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) palsu. Selain membuat KTP palsu, pelaku juga dapat memalsukan sejumlah dokumen seperti Kartu Keluarga serta akte kelahiran.

"Tersangka bernama Shodiq (39), warga Gang Randu RT 03 RW 04, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, terbukti telah memperbanyak dokumen seperti KTP, KK serta akte kelahiran yang semuanya adalah palsu atau buatan sendiri," kata Kapolres Jakarta Timur, Kombes Mulyadi Kaharni, Selasa (22/1/2013).

Mulyadi menjelaskan, berdasarkan keterangan pelaku, pemalsuan dokumen tersebut telah dilakukan sejak tiga tahun lalu dengan menggunakan sejumlah peralatan elektronik seperti satu set komputer, printer, scanner yang dilengkapi dengan stempel dari berbagai dinas dan kertas blangko kosong. Adapun yang menjadi target sasarannya adalah para calon TKI di berbagai daerah seperti Subang, Bandung serta kota-kota lainnya.

"Tersangka mengaku mendapatkan uang Rp30 ribu untuk satu dokumen yang telah selesai dikerjakan," ucapnya.

Polisi juga menyita sejumlah barang bukti yang ditemukan di rumah tersangka diantaranya satu set komputer beserta printer, scanner dan ribuan lembar kertas yang rencananya akan dijadikan sebagai Kartu Keluarga dan akte kelahiran serta tiga buah handphone milik tersangka yang digunakan untuk menghubungi korban.

"Kita sudah cek ke sejumlah kepala desa serta dinas terkait dari hasil pemalsuan yang telah dibuat. Mereka mengaku tidak pernah menandatangani dokumen-dokumen itu. Artinya tersangka sendiri yang memalsukan tandatangan itu," tandasnya.

Atas perbuatannya, tersangka dikenai Pasal 263 KUHP tentang pemalsuan dokumen dengan ancaman 7 tahun penjara.[bay]

Komentar

 
Embed Widget

x