Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 1 Agustus 2015 | 14:44 WIB
Hide Ads

DKI Luncurkan e-Ticketing TransJakarta

Oleh : Karel S Ratulangi | Selasa, 22 Januari 2013 | 12:02 WIB

Berita Terkait

DKI Luncurkan e-Ticketing TransJakarta
inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meluncurkan penggunaan e-ticketing TransJakarta di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, hari ini, Selasa (22/1/2013).

Dalam peluncuran e-ticketing ini Pemprov DKI menggandeng lima bank, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank DKI. Kelima bank tersebut membentuk konsorsium guna melayani e-ticketing dan layanan perbankan lainnya.

"Nantinya produk e-money dari kelima bank yang berkonsorsium diharapkan akan terintegrasi pemakaiannya untuk Kopaja, Metromini dan Kereta Api, selain tentunya TransJakarta," ujar Joko Widodo.

Jokowi menambahkan kerja sama ini merupakan implementasi dari kebijakan satu jenis kartu untuk penggunaan semua moda transportasi di Jakarta. Saat ini telah tersedia 11 koridor TransJakarta dan ada 320.000 transaksi/hari.

Untuk kedepannya TransJakarta akan menambah satu koridor lagi, 500an bus, enam SPBG (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas), dan rencananya Kopaja dan Metromini juga akan masuk ke dalam jalur TransJakarta. Sehingga, transaksi e-ticketing di 2013 ini diperkirakan mencapai satu juta transaksi/hari.

"Dengan penunjukan lima bank itu diharapkan dapat bersama-sama mengimplementasikan e-ticketing TransJakarta. Lima bank tersebut juga akan membantu melakukan investasi e-ticketing TransJakarta, dan sebagai kompensasinya bank dapat memanfaatkan halte bus untuk sarana edukasi dan pemasangan ATM/vending machine sebagai sarana isi ulang," tandasnya.

Dalam kesempatan ini pria yang kerap disapa Jokowi ini beserta lima direksi bank mencoba bus gandeng TransJakarta terbaru asal China Zhong Tong, dari Halte Monas menuju Halte Jakarta-Kota. [mvi]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.