Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 25 Mei 2017 | 12:13 WIB

Polda Terus Siapkan Penerapan Sistem Ganjil Genap

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Minggu, 13 Januari 2013 | 10:24 WIB
Polda Terus Siapkan Penerapan Sistem Ganjil Genap
Penerapan kebijakan pembatasan kendaraan dengan sistem plat nomor ganjil-genap - Inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Polda Metro Jaya terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, terkait rencana penerapan kebijakan pembatasan kendaraan dengan sistem plat nomor ganjil-genap, pada Maret mendatang.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Wahyono mengatakan masih melakukan persiapan-persiapan rencana penerapan sistem genap-ganjil tersebut. "Kami masih mempersiapkan ke arah itu," ujarnya kepada INILAH.COM, Jakarta, Minggu (13/1/2013).

Wahyono melanjutkan, saat ini yang sudah, sedang dan akan dilakukan oleh pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Metro (Ditlantas Polda Metro) diantaranya revitalisasi databased regident, dengan menggunakan data digital (Electronic Registration & Identification) sekaligus penyiapan SDM.

Ditlantas juga akan melakukan revitalisasi Regional Traffic Management Centre (RTMC) sebagai K3I (Komando, Kendali, Koordinasi dan Informasi) guna mendukung Etle. Selain itu, pemasangan CCTV (+ Sensor) untuk pengawasan, pengidentifikasian kendaraan bermotor yang terkoneksi dengan back office yang ada di RTMC Polda Metro.

"Serta mempersiapkan implementasi penegakan hukum dengan Etle (Electronic Traffic Law Enfocerment)," jelasnya.

Ia mengatakan, Ditlantas telah mengoneksikan CCTV miliknya dengan Pemda DKI serta juga Korp Lalu Lintas Polri,sejak beberapa hari lalu. "Kalau CCTV ini sudah terkoneksi sejak 1 minggu yang lalu," ujar Wahyono.

Sementara untuk rencana percobaan akan diterapkannya sistem genap-ganjil di jalur-jalur mana saja, pihaknya masih melakukan penggodokan dengan matang. "Masih kami lakukan rapat-rapat kembali," tandasnya.[bay]

 
x