Jumat, 22 Agustus 2014 | 16:49 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Daun Mimba Dapat Dijadikan Obat Tradisional
Headline
ist
Oleh: Suyadi
metropolitan - Jumat, 2 November 2012 | 18:25 WIB

BANYAK orang di India menggunakan mimba untuk membersihkan gigi, mengobati sakit kulit dan sebagai suplemen makanan. Bahkan ada yang menganggapnya sebagai obat kuat setara dengan ginseng dari Korea.

Di Thailand daun mimba muda sering dikonsumsi dijadikan sayuran dan dipercaya memberi dampak positif bagi kesehatan. Sementara itu, di Asia dan Afrika daun mimba sudah banyak digunakan sebagai obat tradisonal untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit.

Sebagai obat tradisonal, ada yang memanfaatkan daun mimba sebagai obat kulit. Seperti exim, kudis dan gatal-gatal. Caranya, air yang telah dicampur dengan daun mimba digunakan untuk mandi.

Daun mimba juga dapat digunakan untuk menyembuhkan perut kembung dan susah buang air besar. Pernah dilaporkan juga bahwa orang yang meminum seduhan daun mimba, sedikit melebihi dosis bisa mengalami ereksi sangat lama.

Saat ini, khususnya Jawa barat dan Jawa tengah penggunaan mimba sebagai obat tradisonal sudah menjamur. Misalnya di daerah Bandung, Tasikmalaya, Ciamis dan di sekitar daerah Semarang dan Yogyakarta.

Di daerah tersebut daun mimba dijual dengan harga relative mahal. Tujuh lembar daun mimba kering dijual dengan harga Rp1.000-3.000, bahkan bibitnya laku Rp5.000-50.000 per pohon. Mimba kering tersebut sudah dikemas dan dilengkapi petunjuk penggunaannya, serta jenis-jenis penyakit yang bisa disembuhkan.

Hingga kini belum diperoleh informasi biji mimba sebagai obat tradisonal. Hanya baru bagian daun yang dimanfaatkan sebagai obat tradisonal.

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER