Senin, 22 September 2014 | 01:10 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Jakarta Tak Bisa Disamakan dengan Solo
Headline
inilah.com
Oleh: Marlen Sitompul
metropolitan - Sabtu, 22 September 2012 | 17:29 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Ibu Kota Jakarta tidak bisa disamakan dengan beberapa kota di Indonesia. Pasalnya, kota Metropolitan ini memiliki persoalan yang kompleks dan bervariasi.

Menurut Sejarawan JJ Rizal, kota Jakarta tidak perlu dibanding-bandingkan dengan kota Solo dengan Jakarta. Pasalnya, selain kotanya lebih kecil, permasalahan Solo juga tidak sekompleks dan bervariasi seperti Jakarta.

"Dan kita harus ingat, ada hal-hal yang dimiliki Jakarta, melebihi kota-kota lainnya," kata Rizal, dalam diskusi Talkshow Sindo Radio bertajuk 'Belajar dari Pilkada DKI, Jakarta, Sabtu (22/9/2012).

Salah satu hal yang dimiliki Jakarta tapi tidak dimiliki kota lainnya adalah mesin birokrasi. Dari segi sumber daya manusia (SDM), birokrasi Jakarta memiliki kemampuan dan intelektualitas lebih. Karena itu, wajar jika birokrasi Jakarta seharusnya bisa menjadi yang terbaik.

"Tapi birokrasi Jakarta sudah seperti 'mandor kawat', kerja kendor korupsi kuat. Itu yang harus diperbaiki," kata Rizal menanggapi problem-problem Jakarta yang harus dihadapi Jokowi-Ahok jika benar-benar terpilih jadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Hal lainnya yang dimiliki Jakarta adalah kemampuan uang yang besar. Namun, dengan kemampuan uang yang besar itu, Jakarta seolah masih krisis. "Apalagi kalau dilakukan hematisasi, itu bisa menyelamatkan krisis," kata dia.

Untuk itu, Rizal menyarankan, agar Jokowi meniru kinerja mantan Gubernur Jakarta, Ali Sadikin. "Tirulah Ali Sadikin. Bangun pagi-pagi, sampai kantor juga pagi-pagi. Buka coffee morning. Undang orang-orang yang punya ide dan pemikiran baik tentang Jakarta," kata dia.

"Bedanya, kalau Bang Ali Sadikin sudah selesai lembaran sejarahnya, Jokowi ini baru memulai. Bisa tidak Jokowi melakukan itu. Kalau itu memang baik dan membawa kemaslahatan lebih banyak dari mudaratnya untuk Jakarta, lakukan," ujar Rizal. [mvi]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA